Ini Jadwal Hari Jadi Pacitan ke-272, dari Didi Kempot, Kirun Hingga Wayang Kulit Ki Manteb Sudarsono

oleh -103.546 views
Kirab kereta kencana bupati Pacitan dalam hajatan ke 271. (Foto: Doc Info Pacitan)
Kirab kereta kencana bupati Pacitan dalam hajatan ke 271. (Foto: Doc Info Pacitan)
Salah satu tari yang turut menyemarakkan hari jadi Pacitan. (Foto: Doc Info Pacitan)
Salah satu tari yang turut menyemarakkan hari jadi Pacitan. (Foto: Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda akbar tahunan Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-272 akan kembali hadir di bulan Februari tahun 2017 ini. Panitia setempat pada tahun ini telah menyiapkan 37 kegiatan untuk menyemarakkan agenda tahunan di Pacitan tersebut. Pada tahun ini, Hajatan ke-272 mengambil tema “Dengan semangat Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke 272, Kita Junjung Tinggi Kebersamaan Untuk Maju dan Sejahtera Bersama Rakyat.”

Dan dari 37 kegiatan tersebut,  tercatat ada 12 kegiatan inti Hajatan ke-272 dan 25 kegiatan tambahan dalam rangka memperingati kelahiran kota Pacitan. Informasi yang diperoleh Pacitanku.com dari panitia Hajatan ke-272, tahun ini seluruh agenda tersebut juga akan dipublikasikan di laman http://www.harijadi.pacitankab.go.id.

Beberapa kegiatan yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan adalah agenda  kedatangan pelawak Kirun, penyanyi Didi Kempot, Pagelaran wayang kulit bersama dalang kondang Ki Manteb Sudarsono, festival reog, seni kethek ogleng hingga lomba burung berkicau.

Berikut rincian kegiatan Hajatan ke-272 yang akan dimulai pada pekan kedua Februari 2017:

1. Lokakarya Koperasi Wanita

Agenda ini akan digelar pada Kamis 9 Februari 2017 pukul 08.00 WIB di Gedung Karya Dharma. Adapun penanggungjawab kegiatan tambahan ini adalah dinas koperasi dan UKM.

2. Bazar Buku Murah dan Wisata Buku

Bupati Indartato saat meninjau pasar buku di Gasibu. (Foto : Wawan Setiawan TT/FB)
Bupati Indartato saat meninjau pasar buku di Gasibu. (Foto : Wawan Setiawan TT/FB)

Kegiatan selanjutnya adalah bazar buku murah dan wisata buku, yang digelar mulai Jumat (10/2) hingga Sabtu (25/2) dan dibuka pukul 08.00 WIB. Untuk tempat kegiatan tambahan ini adalah halaman Dinas perpustakaan dengan penanggungjawab Kepala Dinas Perpustakaan.

3. Festival Karawitan Pelajar

Lomba Panembrono. (Foto: SKPD Pacitan)
Lomba Panembrono. (Foto: SKPD Pacitan)




Festival karawitan antar pelajar ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu (11/2) dan Minggu (12/2) mulai pukul 08.00 WIB di Pendopo Kabupaten. Untuk penanggungjawab kegiatan tambahan ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten.

4. Kontes dan Pameran Bonsai

Kegiatan tambahan ini akan digelar pada pada Sabtu (18/2) dan Minggu (19/2) pukul 13.00 WIB sampai selesai di Gedung PLUT dengan penanggungjawab adalah  Dinas Sosial/PPBI.

5. Onthelan Sepeda Unto dan Bakti Sosial Kosti

Lomba sepeda kuno (Foto : Wawan)
Lomba sepeda kuno (Foto : Wawan)

Agenda tambahan selanjutnya adalah sepeda onthel dan bakti sosial Kosti yang akan digelar pada Minggu (12/2/2017) pukul 06.30 WIB sampai selesai. Agenda ini akan dimulai dan berakhir di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan dan penanggungjawab adalah Dinas Sosial/KOSTI.

6. Festival Olahraga Tradisional

Invitasi olahraga tradisional Jatim. Foto: http://ortrad.blogspot.co.id/

Selanjutnya, agenda kegiatan tambahan adalah festival olahraga tradisional, seperti egrang, bakiak dan gobak sodor yang akan digelar pada Minggu (12/2/2017) pukul 09.00 WIB di alun-alun Pacitan dengan penanggungjawab Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Pacitan.

7. Workshop Menulis Buku

Bedah Buku Tabah Membawa Berkah. (Foto : DPPP001)
Bedah Buku Tabah Membawa Berkah. (Foto : DPPP001)

Selanjutnya, agenda tambahan lain adalah workshop menulis buku yang akan digelar pada Minggu (12/2/2017) pukul 10.00 WIB di halaman dinas perpustakaa dengan penanggungjawab Kepala Dinas Perpustakaan.

8. Lomba Foto Pariwisata

Kawasan wisata Pantai teleng ria. Foto IG @Swastikamey

Lomba foto pariwisata ini merupakan agenda tambahan yang akan digelar pada Selasa (14/2) dan Rabu (15/2) pukul 10.00 WIB sampai selesai. Agenda ini digelar di kompleks Pasar Sawoo dengan penanggungjawab Dispapora dan pelaksana adalah Komunitas Lensa Indie Pacitan (KliC). Informasi yang dihimpun, agenda lomba foto pariwisata dibatalkan oleh panitia dan diganti dengan kontes batu akik. Kontes batu akik akan digelar pada 17-19 Februari 2017 pukul 09.00 sampai selesai   di Gedung Gasibu.

9. Pertandingan Bola Voli FKKD dan Ka OPD

Tanding Bola Voli hajatan (Foto : Humas Pacitan)
Tanding Bola Voli hajatan (Foto : Humas Pacitan)

Laga eksibisi ini yang merupakan agenda tambahan akan digelar pada Rabu (15/2/2017) pukul 07.00 WIB di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan di Kelurahan Sidoharjo, dengan penanggungjawab Dispapora.

10. Khotmil Qur’an

Pengajian Isra' Mi'raj Pondok Tremas Pacitan. (Foto : pondoktremas.com)
Pengajian Isra’ Mi’raj Pondok Tremas Pacitan. (Foto : pondoktremas.com)

Selanjutnya, kegiatan inti Hajatan ke 272 adalah khotmil Qur’an yang akan dilaksanakan oleh Jam’iyyatul Qurro Wal Khuffad pada Jumat (17/2/2017) pada pukul 06.00-16.00 WIB. Acara tersebut rencana akan digelar di Pendopo Kabupaten.

11. Senam dan jalan sehat

Senam Posdaya di alun - alun Pacitan. (Foto : Wawan Setiawan TT/FB)
Senam Posdaya di alun – alun Pacitan. (Foto : Wawan Setiawan TT/FB)

Di hari Jumat (17/2/107), agenda kegiatan tambahan Hajatan lainnya adalah senam dan jalan sehat yang digelar mulai pukul 06.00 WIB di alun-alun Pacitan. Untuk penanggungjawab acara ini adalah Disparpora.

14. Pengajian Akbar

Ilustrasi Pengajian Akbar (Foto: Pachenews)

Agenda kegiatan inti selanjutnya adalah pengajian akbar yang digelar pada Jumat (17/2/2017) mendatang pukul 19.30 Wib sampai selesai di alun-alun Pacitan. Agenda kegiatanpengajian akbar ini diawali penyerahan dari BAZ dengan penanggungjawab Bidang Kesra Setkab dan Dinas Pendidikan.

13. Sholat Shubuh Berjamaah

SBY dan jamaah masjid agung Pacitan menggelar syukur. (FOto: Arif Sasono/Info@Pacitan)
SBY dan jamaah masjid agung Pacitan menggelar syukur. (FOto: Arif Sasono/[email protected])

Agenda kegiatan sholat shubuh berjamaah masuk menjadi agenda Hajatan ke-272 yang digelar pada Sabtu (18/2/2017) mulai pukul 04.00 WIB di Masjid Agung Darul Falah dan juga di Masjid/Mushola se-Kabupaten. Adapun penanggungjawab kegiatan ini adalah bagian Kesra Setkab dan Kementerian Agama Pacitan.

14. Ziarah Makam Cikal Bakal Bupati Pacitan

Selanjutnya, agenda inti Hajatan ke-272 adalah ziarah makam cikal bakal bupati Pacitan yang akan digelar  pada Sabtu (18/2/2017) di Makam Kanjeng Jimat, Setroketipo, Motopuro dengan penanggungjawab bagian kesra Setkab.

15. Sholat Hajat Dilanjutkan Sujud Syukur

Orang Sholat di Masjid (Dok.Pacitanku)
Orang Sholat di Masjid (Dok.Pacitanku)

Agenda kegiatan inti sholat hajat dan sujud syukur ini akan terselenggara pada Sabtu (18/2/2017) mulai pukul 19.00 WIB di Masjid Agung dan masjid/mushola se kabupaten Pacitan. Dan penanggungjawabnya adalah kementerian Agama.

16. Wilujengan I

Wilujengan yang merupakan acara inti akan digelar di dua desa Cikal bakal pada Sabtu (18/2/2017) mulai pukul 20.30 Wib sampai selesai di Desa Nanggungan dan Desa Sukoharjo. Di Desa Nanggungan, selain wilujengan juga akan dilakukan pembuatan rucuh pace. Sementara di Desa Sukoharjo juga dilakukan pengambilan Tirto Wening.

17. Wilujengan II

Masih agenda wilujengan, pada Sabtu (18/2/2017) pukul 24.00 sampai selesai, akan dilaksanakan di halaman wingking Pendopo Pacitan. DI agenda inti ini, panitia lokal telah menyiapkan berbagai pelengkap (uborampe) seperi buceng satu, sego golong sembilan, punar sejodo, sego rames sejodo, ulam sari/ingkungan, jajan pasar 7 macam, gedang setangkep, jenang tolak jenang putih dan merah, jenang genep, kembang telon, bako suruh gambir/gantalan dan juga telor jowo mentah.

18. Kirab dan Prosesi

Prosesi kirab budaya di Pendopo Kabupaten. (Dok. Pacitanku)
Prosesi kirab budaya di Pendopo Kabupaten. (Dok. Pacitanku)

Agenda puncak Hajatan ke-272 sendiri akan berlangsung pada Minggu (19/2/2017). Diawali dengan agenda kirab dan prosesi hari jadi, yang digelar mulai pukul 06.30-11.WIB dengan tempat di Desa Sukoharjo, Desa Nanggungan, Pos Tanjung dan Pendopo. Di agenda ini, agenda arak-arakan kereta kencana dan minum rucuh pace sebagai simbol hari jadi dilaksanakan. Berbagai hiburan pun akan turut dilaksanakan, seperti Kethek Ogleng dari Desa Tokawi.

19. Lomba Mewarnai

Lomba mewarnai yang merupakan agenda tambahan ini akan dilaksanakan pada Minggu (19/2/2017) mulai pukul 13.00 sampai selesai. Adapun tempatnya adalah di halaman Dinas Perpustakaan.

20. Pentas Kesenian Reog

Reog Ponorogo (Foto : Budaya Indonesia)
Reog Ponorogo (Foto : Budaya Indonesia)

Di hari yang sama, pada Minggu (19/2/2017) mulai pukul 15.00-17.00 WIB akan digelar acara puncak lainnya yaitu festival reog Ponorogo yang akan dilaksanakan di alun-alun Pacitan.

21. Hiburan Rakyat Bersama Seniman Nasional

Artis Didi Kempot menghibur waga Pacitan di hari jadi Pacitan. (Foto: Doc Info Pacitan)
Artis Didi Kempot menghibur waga Pacitan di hari jadi Pacitan. (Foto: Doc Info Pacitan)

Agenda puncak lain di hari Minggu (19/2/2017) adalah agenda hiburan rakyat yang akan menampilkan sneiman nasional Didi Kempot dan Kirun. Agenda ini digelar di alun-alun Pacitan mulai pukul 20.00 WIB.

22. Pelatihan Menggambar

Anak - anak menggambar wajah Pak SBY di Pacitan. (Foto : Jawapos)
Anak – anak menggambar wajah Pak SBY di Pacitan. (Foto : Jawapos)




Selanjutnya, akan digelar pelatihan menggambar yang digelar pada Senin (20/2/2017) mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Agenda ini akan digelar di halaman Dinas Perpustakaan.

23. Koes Plus Mania

Koes Plus Mania digelar di alun-alun Pacitan. (Foto: Wasi Prayitno)

Di hari Senin (20/2/2017), para penggemar koes plus akan mendapatkan hiburan koes plus mania pada yang akan digelar mulai pukul 19.00 sampai selesai di alun-alun Pacitan. Untuk penanggungjawab acara ini adalah Mashuri Abdul Ghoni.

24. Pagelaran Wayang Kulit Serentak I

Agenda inti seni budaya yang menyemarakkan Hajatan ke-272 lain adalah pagelaran wayang kulit serentak tahap I, yang digelar di tiga kecamatan, yakni Punung, Donorojo dan Pringkuku pada Senin (20/2/2017) mulai pukul 21 WIB. Untuk lokasi di tiga kecamatan (camat dan K UPT TK/SD), dengan penanggungjawab Dinas Pendidikan/Camat dan Ka UPT TK/SD.

25. Pagelaran Wayang Kulit Serentak II

Wayangan di Pacitan. (Dok.Pacitanku)
Wayangan di Pacitan. (Dok.Pacitanku)

Agenda berikutnya adalah pagelaran wayang kulit serentak tahap II, yang digelar di tiga kecamatan, Pacitan, Arjosari dan kebonagung pada Selasa (21/2/2017) mulai pukul 21 WIB. Untuk lokasi di tiga kecamatan (camat dan K UPT TK/SD), dengan penanggungjawab Dinas Pendidikan/Camat dan Ka UPT TK/SD.

26. Liga Osis Bolavoli SMAN 1 Pacitan

Liga Osis SMAN 1 Pacitan (Foto : Exist/SMAN 1 PCT)
Liga Osis SMAN 1 Pacitan (Foto : Exist/SMAN 1 PCT)

Bagi muda-mudi pegiat olahraga, jangan sampai juga melewatkan agenda Liga OSIS (Ligos) Bola Voli yang digelar OSIS SMAN 1 Pacitan pada Selasa-Jumat (21/2) hingga Jumat (24/2) mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai di Alun-alun dan Gedung Gasibu Swadaya Pacitan.

27. Pesta Lampion

Lampion untuk SBY
Lampion untuk SBY

Pesta lampion rencananya akan digelar pada Rabu (22/2/2017) mulai pukul 19.00 WIB di Pantai Pancer Door. Info terbaru, karena ada protes dari masyarakat, agenda pesta lampion ini dibatalkan dengan alasan kebersihan dan keselamatan.

28. Pagelaran Wayang Kulit Serentak III

Para sinden wayang di Pacitan malam ini. (Foto : Doc Info pacitan)
Para sinden wayang di Pacitan malam ini. (Foto : Doc Info pacitan)

Agenda berikutnya adalah pagelaran wayang kulit serentak tahap III, yang digelar di tiga kecamatan, Tegalombo, Nawangan, Bandar pada Kamis (23/2/2017) mulai pukul 21.00 WIB. Untuk lokasi di tiga kecamatan (camat dan K UPT TK/SD), dengan penanggungjawab Dinas Pendidikan/Camat dan Ka UPT TK/SD.

28. Pagelaran Wayang Kulit Serentak IV

Wayangan Peringatan HUT SMAN 271 Pacitan. (Foto : Shultan)
Wayangan Peringatan HUT SMAN 271 Pacitan. (Foto : Shultan)

Agenda berikutnya adalah pagelaran wayang kulit serentak tahap IV, yang digelar di tiga kecamatan, Ngadirojo, Tulakan dan Sudimoro pada Jumat (24/2/2017) mulai pukul 21.00 WIB. Untuk lokasi di tiga kecamatan (camat dan K UPT TK/SD), dengan penanggungjawab Dinas Pendidikan/Camat dan Ka UPT TK/SD.

30. Seminar Nasional

Seminar Pendidikan Astra
420 peserta mengikuti Seminar Pendidikan dengan tema “Membudayakan Sikap Ilmiah Melalui Penelitian Dan Publikasi Pembelajaran Bermakna” yang diselenggarakan oleh YPA-MDR dan Dinas Pendidikan di Pendopo Kantor Bupati Pacitan

Seminar Nasional akan digelar pada Sabtu (25/2/2017) mulai pukul 08.00 sampai selesai di Pendopo Kabupaten. Dengan penanggungjawab acara tambahan ini adalah  Disperindag/Perbankan.

31. Seminar dan Pagelaran Wayang Beber

Di hari yang sama, Sabtu (25/2/2017), akan digelar seminar serta pagelaran wayang beber yang digelar mulai pukul 08.00 sampai selesai di ruang rapat Dinas Pendidikan.

32. Rebutan Gunung Buku

Meriahnya Pameran Buku Pacitan Membaca (Foto : Sulthon/Pacitanku)
Meriahnya Pameran Buku Pacitan Membaca (Foto : Sulthon/Pacitanku)

Masih di hari Sabtu (25/2/2017), ada agenda rebutan gunung buku yang digelar mulai pukul 10.00 WIB di halaman Dinas Perpustakaan dengan penanggungjawab Kepala Dinas Perpustakaan.

33. Sedekah Buku

Selanjutnya akan digelar agenda kegiatan sedekah buku pada Sabtu (25/2/2017) yang digelar pukul 13.00 WIB sampai selesai di halaman Dinas Pepustakaan.

34. Pagelaran Wayang Kulit

BUpati Indartato menyerahkan Wayang ke Ki Manteb Sudarsono. (Foto : Doc Info Pacitan)
BUpati Indartato menyerahkan Wayang ke Ki Manteb Sudarsono. (Foto : Doc Info Pacitan)

Agenda seni budaya yang juga ditunggu-tunggu adalah pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Sudarsono, digelar pada Sabtu (25/2/2017) mulai pukul 20.00 WIB di alun-alun Pacitan. Penanggungjawab acara ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Pacitan.

35. Pacitan MTB Adventure

Agenda lain yang merupakan kategori olahraga di Hajatan ke-272 adalah Pacitan MTB Adventure, yang digelar pada Minggu (26/2/2017) mulai pukul 06.00 WIB sampai selesai. Adapun rutenya adalah dimulai Pendopo Kabupaten dengan finish di Pantai Pancer Door. Penanggungjawab acara ini adalah Dinas Sosial/Formi/MTB.

36. Lomba Burung Berkicau

Lomba Burung Derkuku (Foto: KR JOgja)
Lomba Burung Derkuku (Foto: KR JOgja)

Bagi penggemar burung berkicau, jangan lewatkan agenda lomba burung berkicau pada Minggu (26/2/2017) mulai pukul 10.00 yang digelar di halaman pendopo Kabupaten. Adapun untuk penanggungjawab adalah Dinas Sosial dan Komunitas Burung Berkicau.

37. Festival Konser Drum Band

Kemeriahan parade drumband pelajar di pacitan 2014. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Kemeriahan parade drumband pelajar di pacitan 2014. (Foto : Doc. Info Pacitan)

Agenda terakhir hajatan ke-272 adalah festival konser drum band dan unjuk gelar. Agenda ini akan digelar pada sabtu (11/3) hingga Minggu (12/3) mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai bertempat di GOR Pacitan dengan penanggungjawab adalah Dinas Pendidikan dan PDBI.

38. Bersih-bersih Pantai

Agenda tambahan yang baru diinfokan kepada Pacitanku.com adalah gerakan bersih-bersih pantai. Agenda susulan ini direncanakan digelar pada 24 Februari 2017  mulai pukul 06.00 WIB di Pantai Pancer Door. (RAPP002)