Ratusan Anggota Insan Pariwisata se-Jawa Bali Gelar Pertemuan di Pacitan

oleh -1.185 views

fosipa3Pacitanku.com, PACITAN – Ratusan anggota Organisasi Forum Silaturahmi Insan Pariwisata (FOSIPA) Indonesia menggelar pertemuan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-12, Senin (28/11/2016) hingga Selasa (29/11/2016) di Pacitan, Jawa Timur.

Panitia Penyelenggara sekaligus ketua Asosiasi Pegiat dan Pelaku Pariwisata (AP3) Pacitan, Ronny Widya Kurniawan dalam keterangannya, Senin (28/11/2016) mengatakan bahwa FOSIPA ini merupakan wadah yang mempertemukan stake holder pariwisata.

Mereka berasal dari travel agent, pengelola hotel, perusahaan bus pariwisata, pengelola restoran, pengelola  obyek wisata, pengelola artshop, dan unsur lainnya.

Ronny mengatakan bahwa bahwa promosi pariwisata harus dikerjakan bersama oleh para pemangku kepentingan pariwisata daerah ini yaitu pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata, dengan para pelaku usaha wisata, sehingga even ini diharapkan menjadi sarana promosi wisata yang efektif.




Selain upaya tersebut, kata dia, Pacitan sebagai daerah tujuan wisata harus memiliki daya tarik wisata, sehingga wisman yang berkunjung ke daerah ini akan membawa kenangan tersendiri setelah pulang ke negara asalnya, dan diharapkan suatu saat nanti mereka kembali berkunjung ke Pacitan.

“Even ini untuk memperkenalkan wisata Pacitan lebih luas lagi, apalagi Pacitan memiliki potensi berupa ragam wisata dari objek yang ada, atraksi seni dan budaya, desa wisata, wisata minat khusus, serta wisata alam, baik pantai maupun pegunungan,” katanya.

Ronny menyebutkan Fosipa beranggotakan para pelaku usaha pariwisata se Jawa-Bali, sebagian Sumatra, dan beberapa daerah lain di luar Pulau Jawa. “Untuk membantu promosikan wisata Pacitan, agenda ini juga dirangkaikan dengan sarasehan bersama wisata bertajuk “Maron Bussines Tourism Center” di Pendopo Pacitan,” katanya.

Seperti diketahui, selain sebagai wadah silaturahmi para pelaku pariwisata, Fosipa Indonesia juga sebagai sarana jualan produk dan pertemuan customer dalam satu forum yang meriah dan menyenangkan sesuai semangat pariwisata.

Pertemuan ini dihadiri 150 undangan dari anggota Fosipa Indonesia dan pelaku industri pariwisata di seluruh Indonesia. Turut hadir, perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan, perwakilan asosiasi pariwisata, dan berbagai pihak terkait di lingkungan pariwisata.

Sesuai dengan jadwal, agenda HUT FOSIPA dan sarasehan “Maron Tourism Bussines Center” ini akan diawali dengan susur sungai Maron di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku hingga kawasan Pesona Ngiroboyo di Desa Sendang, Donorojo. “Acara kemudian dilanjutkan dengan sarasehan, dan berwisata di Goa Gong serta agenda terakhir menuju ke Kabupaten Gunung Kidul pada hari Selasa,”pungkasnya.  

Sumber: AP3