15 Posdaya Pacitan Belajar Pengembangan Perkebunan di Jogja

oleh -1.227 views
buah-naga
KEMBANGKAN BUAH NAGA. Ketua Yayasan Damandiri Prof Dr Haryono Suyono bersama rombongan Posdaya Pacitan mengunjungi kebun naga di DI Yogyakarta. (Foto: Mulyono D Prawiro/Posdaya)

Pacitanku.com, WONOSARI – Sebanyak 15 kelompok Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Pacitan mengunjungi sejumlah perkebunan di DI Yogyakarta, Kamis (20/10/2016) hingga Jumat kemarin.

Menurut keterangan pendamping Posdaya Pacitan, Dian Budi Anggraeni kepada Pacitanku.com, Sabtu (22/10/2016) mengatakan bahwa kegiatan kunjungan ke beberapa perkebunan tersebut sebagai sarana pembelajaran agar bisa mengembangkan perkebunan sejenis di Kabupaten Pacitan.

Adapun tempat yang dikunjungi diantaranya adalah kebun buah naga di Gunung Kidul, kebun buah kelengkeng di Sleman dan Prambanan, serta kebun jahe merah. Para pegiat Posdaya tersebut juga berkunjung ke peternakan kambing perah.

“Dimulai dari mengunjungi kebun buah naga perbukitan digunung kidul milik perusahaan PT murakabi, kenapa kita sampai mau jauh-jauh kesana, karena struktur tanah dan kondisi alam juga sama seperti Pacitan, yang terpenting, mereka siap bekerja sama mengembangkan kebun buah naga milik masyarakat di Pacitan,”ungkapnya.

Karena tekstur tanah di Gunung Kidul dan Pacitan hampir sama, Dian menyebut bahwa pengembangan buah naga dan Kelengkeng bisa diterapkan di Pacitan.


“Untuk buah naga ini, panen tidak berdasar musim saja, tapi dapat diatur bisa panen diluar musimnya November sampai April, sementara kelengkengnya ini kelengkeng Thailand, sehingga sangat cocok di Pacitan karena ini harus ditempat yang dapat sinar matahari penuh,”jelas alumnus SMAN I Pacitan ini.

Kunjungan ke beberapa perkebunan itu, kata Dian, mendapatka respon positif dari Pemerintah Kabupaten Pacitan dan pembina Posdaya, Prof. Haryono Suyono.

“Di sahabat ternak melihat peternakan kambing perah dan pengelolaan susunya ini seiring dengan harapan dari Bapak Prof Haryono, dimana susunya pemda juga bisa mengembangkan kampung kambing yang sudah dimulai oleh posdaya-posdaya dengan memelihara kambing dengan dukungan permodalan dari bank UMKM, terlebih, dari bupati sudah mulai mengusulkan tempat untuk rencana kebun buah naga,”papar Dian.

Untuk menindaklanjuti hasil kunjungan itu, Dian menyampaikan bahwa pembina Posdaya akan mendatangkan ahli dari perkebunan tersebut untuk membimbing pengembangan perkebunan di Pacitan.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, turut hadir pembina Posdaya sekaligus ketua yayasan Dana Usaha Mandiri (Damandiri) Haryono Suyono, Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo. Selain itu turut hadir perwakilan dari 15 Posdaya di Pacitan dan juga para pendamping posdaya Pacitan. (RAPP002)