6 Fasilitas Siap Manjakan Anda di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo

oleh -3.806 views
Wisatawan menikmati panorama kawasan wisata Pesona Ngiroboyo.
Wisatawan menikmati panorama kawasan wisata Pesona Ngiroboyo.
Wisatawan menikmati panorama kawasan wisata Pesona Ngiroboyo.

Pacitanku.com, DONOROJO – Anda kebingungan mencari tempat rekreasi keluarga murah meriah namun sekaligus mengedukasi? Kini tak perlu khawatir, sebab di Pacitan kini ada satu kawasan wisata Pantai yang bisa mengajak Anda untuk mencintai alam, sekaligus menikmati panorama dan keindahan Pantai, yakni kawasan wisata Pesona Ngiroboyo.

Pasir ombak dan karang Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)
Pasir ombak dan karang Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)

Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo adalah salah satu kawasan wisata yang terletak di Dusun Sambi, Desa Sendang kecamatan Donorojo. Pantai Ngiroboyo merupakan Salah satu Pantai yang ada di Pacitan yang memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya pasir hitam yang mendominasi sebagian besar Pantai.

Bermain River Tubing di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)
Bermain River Tubing di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)

Setidaknya ada enam fasilitas wisata yang bisa Anda dapatkan di kawasan wisata Peson Ngiroboyo, yakni panorama Pantai, menyusuri sungai dengan perahu besar, menikmati perahu kecil, bermain river tubing, berkemah dan bagi pecinta surfing, ombak besar Pantai Ngiroboyo bisa digunakan untuk berselancar untuk Anda yang hobi berselancar.

Pantai Ngiroboyo sendiri, ketika terpapar sinar matahari, pasir hitam tersebut nampak berkilauan, apalagi setelah tersapu ombak laut. Tidak berlebihan jika pantai ini diibaratkan bagai mutiara hitam, tidak begitu mencolok, tetapi menyimpan pesona yang luar biasa.

Menyusuri sungai di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)
Menyusuri sungai di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)

Pantai Ngiroboyo sendiri lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Klayar. Dari pertigaan masuk Pantai Klayar, ambil jalan yang lurus dan sekitar setengah kilometer akan ketemu pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Ngiroboyo. Ikuti terus jalan yang masih berupa jalan makadam, ikuti juga penunjuk arahnya maka akan sampai Pantai Ngiroboyo.

“Saat ini, pengelolaan Pantai Ngiroboyo langsung dikelola oleh Karang Taruna Boyo Ireng, Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, dan secara resmi dikelola sejak bulan Desember 2015. Terhitung sejak bulan tersebut, alhamdulillah semakin banyak pengunjung yang kesini, sehingga menghasilkan omzet sebesar Rp 26.057.000,”ujar Dedy Dwi, ketua Karang Taruna Boyo Ireng, sekaligus pengelola pantai saat berbincang dengan Pacitanku.com, baru-baru ini.

Festival Dayung Ngiroboyo
Festival Dayung Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)

Menurut Dwi, saat ini kawasan wisata Pesona  Ngiroboyo memiliki panorama Pantai dengan pasir putih kombinasi pasir hitam. Sementara disisi sebelah timur pantai terdapat muara Sungai Maron yang hulunya berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku.

Sedangkan di bagian utara, terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah. Selain itu, agar semakin banyak pengunjung berwisata di Kawasan Pantai Ngiroboyo, pengelola setempat yang terdiri dari Karang Taruna dan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) serta masyarakat setempat menyediakan sejumlah fasilitas pendukung wisata, diantaranya adalah perahu besar dengan kapasitas 6 penumpang sebanyak 34 unit. Perahu besar ini disewakan dengan harga Rp 100 ribu/jam.

 

Bermain perahu kecil di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)
Bermain perahu kecil di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo. (Foto: Dok.Pacitanku)

Selain fasilitas utama berupa kapal besar, pengelola juga menyediakan fasilitas tambahan yakni perahu kecil kapasitas 1 penumpang sebanyak 4 unit dan river tubing sebanyak 24 unit.

River tubing sendiri kini bisa dinikmati jika Anda ingin menikmati sensasi sendiri bermain ban besar di hulu sungai dengan kedalaman sekitar 4 sampai 6 meter. Sementara fasilitas perahu kecil juga bisa Anda nikmati jika Anda ingin merasakan sensasi mendayung perahu sendiri. Perahu kecil tersebut disewakan pengelola setempat dengan biaya sewa Rp 25 ribu/jam.

Sementara river tubing bisa Anda dapatkan dengan sewa Rp 10 ribu/jam. Tertarik menikmati keindahan dan sensasi petualangan di Kawasan Wisata Pesona Ngiroboyo? Silahkan kesini, dan tetap jaga kebersihan dan keindahan kawasan wisatanya ya. Selamat berlibur. (DPPP001)