Pacitan Raih Adipura ke-12, 9 Kalinya Secara Beruntun

oleh -0 Dilihat
Bupati Indart

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional dengan penghargaan Piala Adipura untuk sembilan kali berturut – turut. Di tahun 2016 ini, Pacitan kembali meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil, yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Pada tahun ini, penghargaan di bidang kebersihan lingkungan sendiri tahun ini mencakup lima kategori yakni Adipura Buwana, Kirana, Karya, Bhakti, dan Paripurna. Sementara tahun-tahun sebelumnya hanya ada Adipura dan Adipura Kencana.

Penyerahan anugerah tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat acara puncak Adipura di Istana Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, (22/7/2016).

“Pada dasarnya tahun ini dilakukan reformulasi yang didasari perkembangan praktik kepemimpinan, interaksi sosial dan bukti-bukti lapangan. Dengan bimbingan Dewan Pertimbangan Adipura khususnya Bapak Hermawan Kertajaya yang mempunyai ahli marketing tingkat internasional, Penghargaan Adipura diformulasikan menjadi Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Paripurna dan Adipura Bhakti,” kata Siti Nurbaya.

Berdasarkan penelusuran Pacitanku.com, Pacitan sendiri, sejak tahun 2008 hingga tahun 2016 telah berhasil mendapatkan Piala Adipura secara beruntun, yang mencerminkan konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sebelum mendapatkan Piala Adipura sembilan kali beruntun, Pacitan sudah pernah mendapatkan Piala Adipura pada tahun 1995, 1996 dan 1997 yakni pada masa kepemimpinan Bupati Kol Inf (Purn) Sutjipto Hs. Sehingga total perolehan Piala Adipura di Pacitan hingga tahun 2016 ini adalah 12 piala.


Adapun, Piala Adipura yang diperoleh secara beruntun dimulai sejak tahun 2008, kala itu, adipura diberikan kepada Bupati (alm) H Suyono pada Kamis (5/6/2008). Kemudian setahun berikutnya, Pacitan kembali meraih Adipura pada Jumat (5/6/2009) yang diberikan kepada Bupati (alm) H Suyono.

Pada tahun 2010, Pacitan mendapatkan prestasi membanggakan ini yang diterima pada Selasa (8/6/2010) yang saat itu masih diterima oleh Bupati (alm) H Suyono. Selanjutnya, pada tahun 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan Piala Adipura kelima secara beruntun atau ke delapan kepada Bupati Indartato pada Selasa (7/6/2011).

Setahun kemudian, tepatnya pada Selasa (5/6/2012), Bupati Indartato kembali diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan Piala Adipura untuk keenam kalinya secara beruntun atau Piala Adipura kesembilan.




Tahun 2013, lagi-lagi Pacitan mendapatkan kehormatan sebagai kota kecil yang mendapatkan prestasi Piala Adipura, yang diserahterimakan oleh  Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya kepada Bupati Pacitan, Indartato di Jakarta, tepatnya pada Senin (10/6 2013) lalu.

Pada tahun lalu, tepatnya Senin (23/11/2015), Pacitan kembali mendapatkan penghargaan Piala Adipura untuk delapan kali secara berturut-turut atau piala ke 11, yang diserahkan oleh Wakil Presiden Indonesia saat itu, Boediono kepada Bupati Pacitan Indartato. Dan pada tahun ini, Piala Adipura kesembilan kalinya secara beruntun kembali mampir di Pacitan. (RAPP002)