Perlancar Lalin, Dishub Beri Tanda Traffic Light di Jembatan Baily Gemaharjo

oleh -272 views

Pacitanku.com, TEGALOMBO –  Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Pacitan  melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi jembatan Bailey. Hal ini lantaran kerap terjadi penumpukan kendaraan di sekitar darurat yang terletak di  Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo itu.

Rekayasa tersebut dengan pengaturan arus lalu lintas kendaraan dari dua arah yang melintasi jembatan bailey baru menggunakan traffic light. ‘’Sudah dipasang sejak H-2 Lebaran, untuk mengatur kendaraan berat di atas lima ton,’’ ungkap Kepala Dishubkominfo Pacitan Widy Sumardji, Selasa (12/7).

Dijelaskan, ada pembatasan tonase kendaraan yang melintas di jembatan bailey lama. Hanya kendaraan dengan berat di bawah lima ton saja yang boleh lewat. Selebihnya harus melalui jembatan bailey baru yang dibangun di sebelahnya.




Maka perlu adanya rekayasa lalu lintas di jembatan bailey baru. Salah satunya dengan memasang traffic light itu.”Apalagi, jembatan bailey baru itu menjadi titik temu antara kendaraan berat dari arah Ponorogo maupun kendaraan yang dari arah Pacitan,’’ jelas Widy.

Traffic light yang dipasang di sekitar lokasi jembatan bailey itu berbeda dengan lampu lalu lintas umumnya. Bedanya, trafick light tersebut hanya terdiri dari dua lampu atau biasa disebut traffic light mata dua. Yakni, merah dan hijau. ‘’Traffic light itu (di sekitar lokasi jembatan bailey) bukan seperti standar biasanya. Petugas saya minta untuk membuat rekayasanya,’’ ungkap mantan Kasatpol PP Pacitan itu.

Widy mengharapkan, dengan adanya traffic light tersebut bisa meringankan pekerjaannya dalam mengatur keruwetan lalu lintas kendaraan di titik kilometer 228 Jalan Pacitan-Ponorogo.

Sebab, sebelum adanya traffic light tersebut, pengaturan lalu lintas sepanjang H-7 sampai H-3 Lebaran dilakukan oleh petugas dari kepolisian dan Dishubkominfo. ‘’Kalau saya menggunakan petugas, cost-nya lebih mahal. Memasang traffic light jauh lebih mudah dan praktis,’’ katanya.

Selain traffic light, lanjut dia, pihaknya juga memasang dua unit lampu penerangan jalan umum (PJU). ‘’Biar terang. Selama ini kan memang belum ada penerangannya di sekitar lokasi jembatan bailey itu,’’ katanya. (her/yup/jprm/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun