Pemkab Bantu Dorong Produktivitas Petani Pacitan dengan Mesin Pertanian

oleh -1 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan kembali menggelontor peralatan dan mesin pertanian (Alsintan) APBN 2016 kepada kelompok tani Pacitan. Bantuan meliputi alsintan untuk bidang prasrana dan sarana pertanian (PSP), alsintan untuk bidang Tanaman pangan dan Holtikultura (TPH) serta bantuan peternakan.

Bantuan diserahkan langsung Bupati Pacitan Indartato, didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo serta sekretaris Daerah Suko di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Pacitan Jln. Letjen Suprapto Kelurahan Sidoharjo, baru-baru ini.

Untuk bantuan alsintan prasarana dan sarana pertanian meliputi 114 hand traktor, 71 pompa air, 2 traktor roda empat dan 12 Rice transplanter. Sedangkan untuk bantuan alsintan tanaman pangan dan holtikultura meliputi 80 pompa air 5,5 PK untuk petani cabai dan 8 power threseher.

Khusus untuk bantuan peternakan diberikan 30 ekor kambing lokal dan 74 ekor kambing PE untuk masing masing kelompok. Sapi perah 15 ekor dan sapi PO 13 ekor juga untuk masing masing kelompok. Selain itu juga dibagikan bantuan kambing 104 ekor serta sapi 28 ekor kepada petani.


Bupati Pacitan Indartato dalam Arahanya mengatakan, sektor pertanian menjadi titik fokus pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daerah. Apalagi bagi Kabupaten Pacitan yang sebagian besar mata pencaharian bertani. Untuk itu, melalui bantuan ini diharapkan petani dapat lebih meningkatkan produksi.”Terima kasih kepada petani yang telah bekerja giat sehingga stok pangan kita selalu terjaga,” tandasnya.

Kepada para petani Bupati Indartato juga minta agar dapat memanfaatkan keberadaan Taman Tekhnologi Pertanian (TTP) yang berada di Desa Pringkuku Kecamatan Pringkuku. Fasilitas tersebut sangat baik untuk belajar bertani sehingga produksi pertanian meningkat. (Riz/SKPD/RAPP002)

Sumber: Pemkab Pacitan