Rois Syuriah PBNU: Jadikan Ramadhan Momentum Perbaikan

oleh -10716 views

Pacitanku.com, JAKARTA – Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Makruf Amin meminta seleuruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan momen Ramadhan sebagai momentum perbaikan untuk bangsa dan negara. Hal itu disampaikan Makruf usai menghadiri sidang Itsbat penetapan Ramadhan di Jakarta, Minggu malam.

Makruf mengajak umat Islam Indonesia agar memanfaatkan momen Ramadan yang penuh berkah ini untuk memperbaiki diri, membersihkan hati, dan menjaga ukhuwah (persaudaraan), baik ukhuwah Islamiyah (seagama) maupun wathaniyah (sebangsa dan setanah air), dalam menghadapi tantangan.

 “Mari kita jadikan Ramadan  ini menjadi momentum memperbaiki segalanya di kehidupan bangsa dan negara kita,” pesannya.


Menurutnya, momen bersama mengawali puasa tahun ini harus disyukuri. Sebab,  hal ini merupakan kenikmatan tersendiri karena masyarakat bisa lebih fokus dalam beribadah dan tidak disibukkan  oleh hiruk pikuk perbedaan. “Ini perlu terus kita jaga,” ajaknya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah RI melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal Ramadan 1437H/2016M jatuh pada hari ini, Senin (6/6/2016).Penetapan awal Ramadhan dilakukan setelah mendengar laporan dari 93 petugas yang berada di 93 titik pemantauan hilal di seluruh Indonesia. (RAPP002)