Giatkan Pameran untuk Bangkitkan Idustri Kreatif

oleh -13819 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemkab Pacitan terus mendorong pertumbuhan sektor industri kreatif. Hal tersebut dilakukan agar sektor industri kreatif bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung sektor pariwisata.

Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, mengatakan berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Pacitan untuk membangkitkan gairah industri kreatif lokal di Pacitan.

Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah yaitu memperbanyak event dan pameran industri kreatif baik skala lokal, regional, hingga nasional. Menurut dia, ketika sektor industri kreatif berkembang, tentu akan menguatkan sektor pariwisata yang selama ini juga menjadi andalan Pacitan.

”Potensi wisata di Pacitan itu sangat tinggi, ketika dua sektor ini berjalan beriringan tentu akan menguatkan ekonomi masyarakat,” kata dia saat membuka pameran Pacitan Paradise of Gemstone 2016 di Gedung PLUT Pacitan, Jumat (20/5/2016), dilansir Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan.


Yudi menyampaikan pariwisata bukan hanya soal keindahan alam, tetapi juga harus terintegrasi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti jasa perhotelan, transportasi, souvenir, dan lainnya. “Melalui pameran akan muncul ide-ide yang inovatif dan kreatif sehingga dapat menunjang sektor pariwisata,” tandas mantan legislator Partai Demokrat ini.

Lebih lanjut, dia mengatakan pengembangan pariwisata dan industri kreatif membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik dari semua pihak, supaya mencapai hasil optimal. Pemkab hanya sebatas menjadi fasilitator dan membuat aturan untuk mendukung pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

Dalam acara itu, wabup menyerahkan penghargaan perintis usaha kepada Timbul, warga Kecamatan Donorojo, pengrajin batu mulai dan Batik Puri asal Kecamatan Ngadirojo. (RAPP002)