Indartato Apresiasi Sekolah Swasta di Daerah Terpencil

oleh -13593 views
Bupati Indartato Mengecek Daftar Nama Peserta UAN di Tegalombo. (Foto : Doc.Info Pacitan)
Bupati Indartato Mengecek Daftar Nama Peserta UAN di Tegalombo. (Foto : Doc.Info Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM mengapresiasi lembaga sekolah swasta yang dengan keterbatasanya tetap ada untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak. Padahal, tidak sedikit sekolah tersebut harus didirikan didaerah terpencil dengan akses sulit.

Hal ini diungkapkan Bupati Indartato, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ujian nasional (Unas) di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Maarif, Dusun Ngasem Desa Gembong Kecamatan Arjosari, Senin (9/5) kemarin.

Dikatakan Indartato, Pemkab sebenarnya telah berupaya mendekatkan sekolah. Namun, karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah, belum semuanya mampu memenuhi keinginan masyarakat.  “Semakin dekat sekolah memudahkan anak-anak menempuh pendidikan sehingga angka putus sekolah dapat ditekan,” ujarnya, sebagaimaan dilansir laman SKPD Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato mengakui bahwa untuk mencakup wilayah Pacitan yang bergunung dengan medan sulit, mewujudkan pendidikan butuh kerjasama semua pihak.Adanya peran swasta, sangat membantu dalam menyukseskan program wajib belajar tersebut. Selain itu, Indartato menilai bahwa kepedulian dari orang tua siswa juga dibutuhkan untuk mendorong anaknya tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.


“Secara umum pelaksanaan ujian berlangsung lancar, demikian juga dengan semangat para siswa peserta ujian, sehingga kami berharap ujian kali ini menghasilkan lulusan yang terbaik,” ungkapnya.

Keberadaan Lembaga Pendidikan Maarif di Dusun Ngasem Desa Gembong menjadi pelita bagi warga setempat. Sekolah yang membuka jenjang mulai dari tingkat RA, MI, MTs hingga MA itu memiliki siswa cukup banyak. Bahkan, MA Maarif menjadi satu satunya pilihan untuk menyelesaikan pendidikan setingkat SLTA. Ini karena jarak tempuhnya lebih dekat dibanding harus bersekolah ke MA Al-Fatah Kikil Arjosari dengan jarak tempuh lebih dari 10 km.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP sederajat sudah berlangsung sejak Senin kemarin. Tercatat, sebanyak  7.852 siswa SMP sederajat di Kabupaten Pacitan akan menempuh ujian akhir yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 12 Mei mendatang.

Jumlah tersebut terdiri dari peserta SMP sebanyak 5.915 serta MTs sebanyak 1.937. Belum termasuk 2 peserta  dari SMPLB. Semua peserta tersebut sudah terdata dalam daftar nominasi tetap (DNT). Sedangkan untuk peserta ujian kejar paket B jumlahnya mencapai 351 orang. Peserta Non formal ini akan melaksanakan ujian nasional setelah pelaksanaan ujian dari jalur umum selesai.  (RAPP002)