20.782 Wisatawan Kunjungi Pantai Klayar Selama Long Weekend

oleh -131.255 views
Pantai Klayar. Foto Pambudi yoga perdana/IG: Pacitanku

Pacitanku.com, DONOROJO – Pihak pengelola objek wisata Pantai Klayar kewalahan lantaran jumlah pengunjung membeludak saat long weekend lalu. Terhitung sejak Kamis (5/5) sampai Minggu (8/5) tercatat sebanyak 20.782 wisatawan memadati pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo tersebut.

Dibanding jumlah pengunjung pada akhir pekan biasa kenaikan mencapai dua kali lipat.  Petugas jaga Pantai Klayar Riepto mengakui, membeludaknya jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Klayar tersebut membuat beberapa titik jalan macet dan kantung parkir penuh sesak.

Sehingga petugas mengalihkan pengunjung ke objek wisata lainnya. Seperti ke Pacitan Ngiroboyo, Buyutan, Banyu Tibo maupun Sungai Maron. ‘’Memang terpantau padat sekali pengunjung yang datang ke Pantai Klayar. Makanya, biar mereka tidak kecewa ada beberapa yang kami alihkan ke lokasi wisata lain,’’ terangnya, Minggu.



Meski tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Klayar meningkat dibandingkan hari libur biasanya, namun mereka harus kecewa. Pasalnya, ombak laut sedang naik sehingga beberapa kawasan seperti lokasi untuk menikmati seruling samudera terpaksa ditutup sejak pagi. Terpaksa mereka menjajal spot lain di kawasan pantai yang terkenal dengan pasir putihnya tersebut. ‘’Memang hari ini tak seramai sehari sebelumnya. Tapi, ini cukup padat,’’ imbuhnya.

Terpisah, sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pacitan Crismilia Natalia mengatakan, jelang long weekend okupansi sejumlah hotel di Pacitan mencapai 98 persen. Kondisi ini akan mencapai puncaknya pada Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) mendatang. ‘’Hampir semuanya sudah fully booked,’’ ujarnya.

Crismilia mengatakan, sebagian besar tamunya berasal dari luar daerah. Selain itu, wisatawan mancanegara juga turut menyumbang angka okupansi saat long weekend nanti. Perempuan pemilik Hotel Srikandi ini menyebutkan, sekitar 10 persen reservasi berasal dari warga asing. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun