BPBD Pacitan: Tak ada Dampak Kerusakan Akibat Gempa

oleh -10652 views
Ilustrasi Gempa Bumi di Pacitan
Ilustrasi Gempa Bumi di Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa tektonik dengan kekuatan 5,3 skala richter (SR) mengguncang kawasan pesisir selatan Jatim-Jateng, Jumat sekitar pukul 06.35 WIB dengan episentrum gempa di dasar laut sekitar 100 kilometer tenggara Kabupaten Pacitan.

 “Pusat gempa ada di Samudera Indonesia berkedalaman sekitar 10 kilometer dengan titik koordinat 9,02 lintang selatan, 111,544 bujur timur,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan Ratna Budiono, Jumat.

Tidak ada korban jiwa ataupun dampak kerusakan terjadi. Menurut keterangan Ratna, guncangan gempa dirasakan kecil di daratan Kabupaten Pacitan dengan durasi pendek. “Mungkin karena lokasinya jauh di tengah laut sehingga efek gempa tidak terlalu besar,” katanya.

Tidak hanya di Pacitan, getaran gempa juga terasa di Trenggalek serta beberapa daerah lain di pesisir selatan Jatim-Jateng.


Sebagaimana rilis resmi yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana)(BNPB), sumber gempa berada zona pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami, dan dirasakan sedang di daerah sekitar Pacitan dengan intensitas gempa dirasakan III-IV MMI.

Gempa juga dirasakan di Bantul dengan III MMI. Sebagian masyarakat di Wonogiri dan Gunung Kidul juga merasakan guncangan gempa dengan lemah. “Kendati tidak ada dampak signifikan, BPBD Pacitan tetap mengimbau seluruh masyarakat, khususnya yang berada di kawasan pesisir selatan untuk waspada,” kata Ratna. (RAPP002/Ant)