Catatan Akhir Tahun: Bulan Desember, 3 Bencana Alam Terjang Pacitan

oleh -131.344 views

Pacitanku.com, PACITAN – Sepanjang bulan Desember 2015, sebanyak tiga kejadian bencana alam menerjang tiga titik di tiga kecamatan. Adapun tiga bencana alam tersebut adalah tanah longsor dan angin puting beliung.

Untuk bencana tanah longsor terjadi di kecamatan Tegalombo dan Kecamatan Tulakan. Adapun, di Tegalombo, longsor yang terjadi disebabkan karena hujan deras yang mengguyur jalur utama Provinsi di Pacitan-Ponorogo, tepatnya di Dusun Gamping, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo.

Informasi yang diperoleh dari Koramil 0801/04 Tegalombo, bongkahan material tanah longsor yang berupa batuan dan tanah menutupi sebagian badan jalan. Akibatnya, jalur tersebut lumpuh, kendaraan yang lewat jalur tersebut bisa lewat dengan sistem buka tutup. Namun setelah kerja keras masyarakat setempat, jalur tersebut kembali bisa dibuka dan arus lalu lintas kembali lancar pada keesokan harinya.

“Kejadian tanah longsor tersebut terjadai pada rabu sore sekitar pukul 17.40 WIB, sehingga menyebabkan sebagian jalan tertutup longsoran, sehingga kami harapkan pengguna jalan harap lebih berhati-hati jika melintas di jalur tersebut,” ujar Danramil 0801/04 Tegalombo, Kapten Sunardji kepada Pacitanku.com.

Sementara, pada Senin (14/12/2015) lalu, longsor juga terjadi di Dusun Krajan Desa Wonosidi Kecamatan Tulakan. Akibat hujan terus menerus sejak pagi hingga sore hari, mengakibatkan longsornya talud masjid sepanjang 12 meter dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Adapun, material berupa tanah dan batu tersebut mengenai rumah Sutrisno (45 tahun) warga Rt 08 Rw 02 Dusun Krajan Desa Wonosidi Kecamatan Tulakan, yang mengakibatkan rusaknya tembok 2 buah kamar miliknya.

Sepekan kemudian, Senin (21/12/2015) bencana angin puting beliung menyebabkan kerusakan di tiga rumah warga di RT/RW 01/VII Dusun Petonggero Desa Penggung Kecamatan Nawangan. Informasi yang dihimpun dari BPBD Pacitan, kejadian tersebut bermula dari hujan deras di sertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Nawangan sehari sebelumnya. Adapun, ketiga rumah terdampak bencana tersebut atas nama Tugiman (65)  Suripto (55 ) dan Kasino. (RAPP002)