Lifter Aceh Sabet Emas di Kelas 85 Kg Kejurnas Angkat Besi Yunior IV di Pacitan

oleh -13809 views

Pacitanku.com, PACITAN – Lifter asal Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Muhammad Zul Ilmi sukses meraih satu emas dan dua perak dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Yunior & Satria Remaja IV 2015 yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan pada Senin (1/12/2015) kemarin.

Saat bertanding di kelas 85 Kg, Zul sukses merebut emas di angkatan snatch dengan berat 169 Kg. Angkatan snatch atau mengangkat barbell dari bawah ke atas. Sementara, di kelas tersebut, medali perak di angkatan snatch dipegang Affuwun dari Jawa Tengah dengan berat angkatan 121 Kg. Perunggu menjadi milik atlet Jawa Timur dengan berat angkatan 97 Kg.

Di kelas cleand and jerk, Zul harus puas mendapatkan perak karena hanya mampu seberat 160 Kg. Dia harus merelakan emas kepada Affuwun dari Jateng yang berat angkatan mencapai 166 Kg. Perunggu dikuasai lifter Jatim dengan mengangkat 120 Kg. Sementara, di total angkatan, Zul kembali gagal meraih emas karena total angkatan Zul Ilmi hanya mencapai 286 Kg.

Jumlah ini hanya selisih sangat tipis dengan peraih emas Affwufun dari Jateng dengan total angkatan 287 Kg. Medali perunggu kembali menjadi milik atlet Jatim dengan total angkatan 217 Kg.

Kejurnas keempat ini diikuti tak kurang dari 250 lifter dari berbagai provinsi yang unjuk kekuatan. Para lifter tampil dalam kejurnas ini untuk memperebutkan beberapa gelar juara, diantaranya lifter terbaik yunior putra, yunior putri, lifter terbaik remaja putra dan putri.

Sementara, lifter tuan rumah Syafira Dwi Puspita juga berhasil mencatatkan prestasi maksimal dengan berhasil meraih medali emas dalam ajang pencarian bibit unggul lifter Indonesia tersebut. Sejauh ini, Syafira memang menjadi atlet lifter andalan Pacitan.

Beberapa daerah memang masih menjadi unggulan dalam Kejurnas kali ini, diantaranya Sulawesi Selatan yang menyiapkan empat atlet. Empat atlet yang terus dimatangkan kemampuannya itu yakni Rahmat Erwin Abdullah (kelas 63kg), Harianto Krisna Wahyu (kelas 69kg), Maria (kelas 44kg) serta Akib Cahya Endianta yang akan turun di kelas +69kg.

Dua dari empat lifter Sulsel itu yakni Rahmat Erwin Abdullah (kelas 63kg) serta Harianto Krisna Wahyu (kelas 69kg) memiliki pengalaman dan prestasi maksimal di sejumlah kejuaraan baik pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ataupun kejurnas Pra-PON 2015. (RAPP002)