Sebanyak 484.237 Surat Suara Tercetak, KPU Pacitan Segera Distribusikan ke 740 TPS

oleh -Dibaca 886 kali
Ilustrasi Penyortiran kertas suara Pilkada.
Ilustrasi Penyortiran kertas suara Pilkada.

Pacitanku.com, PACITAN – Kurang lebih sepekan jelang agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu (9/12/2015) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan tengah menyelesaikan tahapan pencetakan, penyortiran surat suara dan dilanjutkan dengan pengalokasian logistik pemilu disemua tempat pemungutan suara (TPS).

“Setelah proses pengalokasian selesai, selanjutnya segera dilaksanakan pendistribusian ke 740 TPS yang tersebar di 166 desa dan lima kelurahan yang ada di Pacitan mulai tanggal 2 hingga 4 Desember nanti, terkait pengadaan armada sudah kita tunjuk salah seorang pengusaha jasa angkutan lokal,” jelas Damhudi, ketua KPU Pacitan kepada wartawan, Senin (30/11/2015) kemarin

Pada proses sortir dan pelipatan surat suara, imbuh Damhudi,  KPU menemukan sekitar 600 lembar lebih surat suara yang rusak. Kerusakan tersebut mayoritas terjadi pada kesalahan potong serta foto pasangan calon tidak jelas.

“Jumlah surat suara pada pemilihan bupati dan wakil bupati ini kali, tercatat sebanyak 484.237 lembar. Dari jumlah tersebut sekitar 600 lembar lebih mengalami kerusakan, baik kesalahan potong maupun foto paslon yang tidak jelas, namun semua sudah kita mintakan ganti,” ungkapnya.

Sebanyak 600 kertas suara rusak tersebut rencananya akan dimusnahkan sehari sebelum pencoblosan.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Indigo ini mendapatkan nomor urut satu.

Sementara pasangan kedua adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md, yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN). Pilkada Pacitan sendiri akan digelar pada Rabu,  9 Desember mendatang. (yun/net/RAPP002)