Laka Lantas Bus Rombongan Rontek, Duka Mendalam Bagi Warga Pacitan

oleh -Dibaca 1.908 kali
Bupati Pacitan Indartato menengok korban luka akibat laka lantas bus Aneka Jaya di Panggul. (Foto: Info@Pacitan)
Bupati Pacitan Indartato menengok korban luka akibat laka lantas bus Aneka Jaya di Panggul. (Foto: [email protected])

Pacitanku.com, PACITAN – Minggu (15/11/2015) sekitar pukul 15.30 WIB menjadi hari yang sangat menyedihkan bagi 45 orang yang merupakan rombongan pendukung dan sebagian seniman grup Rontek Sawunggaling, Desa Menadi, Pacitan, yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas di Jalan umum jurusan Trenggalek Pacitan, Dusun Konto, Desa Ngrencak, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Sebelum terjadi kecelakaan lalu lintas di Trenggalek, grup Rontek Sawunggaling adalah salah satu diantara 24 peserta Jawa Timur Specta Night Carnival yang digelar di Kabupaten Banyuwangi, sehari sebelumnya. Grup rontek Sawunggaling Menadi Pacitan tampil di acara tersebut dengan lakon Kethek Ogleng yang menceritakan kisah Dewi Sekartaji dan Raden Panji Asmoro Bangun.

Sebagai informasi, Jawa Timur Specta Night Carnival merupakan parade budaya yang menampilkan seni budaya Jatim. Diikuti 24 Kabupaten/Kota di Jatim, even ini menjadi semacam etalase dan panggung eksistensi seni dan budaya asli Jatim yang beragam untuk tetap lestari.

Usai menggelar penampilan di Banyuwangi tersebut, rombongan Rontek Pacitan akan pulang ke kampung halaman di Pacitan. rombongan pun dibagi menjadi dua bagian, yakni rombongan pertama adalah rombongan crew dan para pemain rontek, yang kedua adalah rombongan supporter atau pendukung grup rontek Sawunggaling. Rombongan pertama melewati jalur Banyuwangi melalui Ponorogo, kemudian Wonogiri (Ngadirojo) dan sampai di Pacitan dengan selamat.

Sementara, rombongan kedua yang terdiri dari 45 penumpang menggunakan bus Aneka Jaya melalui jalur Trenggalek, hingga akhirnya peristiwa memilukan tersebut terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 15.30 WIB, di Dusun Konto, Desa Ngrencak, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, bus rombongan supporter rontek Aneka Jaya dengan nomor polisi AE 7332 LEY tersebut dikemudikan oleh Pujianto (50), warga Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan tersebut terguling ketika sampai di tikungan Desa Ngrencak Kecamatan Panggul, Bus Aneka Jaya bertabrakan dengan Sepeda Suzuki Spin, kemudian pengemudi Bus tidak bisa mengendalikan karena diduga rem blong.

Laju bus mulai tidak terkendali akibat sopir gagal melakukan pengereman di jalur menurun ekstrem, dari arah Trenggalek menuju kota Kecamatan Panggul. Tak berhenti sampai disitu, bus tersebut kemudian menabrak rumah milik Sukiyat yang mengakibatkan bus terguling.

Dari pihak pengendara inilah satu korban dipastikan meninggal atas nama Rangga (5) yang saat itu tengah dibonceng ibunya, Sumi (40) yang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio. Selain itu, sebanyak 45 orang penumpang Bus Aneka Jaya mengalami luka di kepala dan patah tulang, dengan rincian 31 orang dirawat di Puskesmas Wonocoyo dan 15 org dirawat di Puskesmas Bodag.

Selain korban jiwa dan korban luka, peristiwa ini juga menyebabkan bus tersebut mengalami kerusakan parah, sedangkan satu unit rumah milik Sukiyat mengalami rusak di bagian depan, dengan total kerugian materi akibat laka lantas ini mencapai Rp 10 juta.

Sontak, kabar duka ini segera direspon dengan pengiriman 6 unit ambulans ke TKP. Para penumpang yang terluka dibawa ke puskesmas setempat, kemudian pada malam harinya, dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan. Masyarakat Pacitan pun berduka. Sementara, empat  orang yang dalam kondisi kritis langsung di larikan ke RSU Solo. Kecelakaan maut ini masih dalam penyelidikan Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek.

Minggu malam, sekitar pukul 22.00 WIB, suasana RSUD Pacitan penuh sesak oleh para pengunjung yang hendak menengok korban laka lantas tersebut, salah satu diantaranya adalah Bupati Indartato bersama istrinya Luky Tri Baskorowati Indartato. Indartato beserta istri nampak mengunjungi dan memberikan support moral kepada para korban yang semuanya adalah penumpang bus Aneka Jaya tersebut.

Laka ini menjadi tragedi dan menimbulkan duka mendalam bagi warga Pacitan. (RAPP002)

Berikut foto-foto time by time laka lantas Bus rombongan Rontek di Panggul, Trenggalek yang dihimpun Pacitanku.com

Tim Rontek Menadi saat menjelang tampil di Jatim Specta Carnival di Banyuwangi. (Foto: Didik Rcm)
Tim Rontek Menadi saat menjelang tampil di Jatim Specta Carnival di Banyuwangi. (Foto: Didik Rcm)

 

bus
Bus Aneka Jaya yang mengangkut penumpang terguling dan mengakibatkan seluruh penumpang terluka, bus juga menabrak rumah warga.
bus4
Kondisi bagian depan bus Aneka Jaya yang mengalami rusak berat akibat kecelakaan di Panggul, Trenggalek.
laka
Sejumlah korban luka terkapar usai terjadi laka lantas bus Aneka Jaya di Panggul, Trenggalek.
Rumah Sukiyat yang temboknya hancur akibat terkena bus Aneka Jaya. (Foto: Info Trenggalek)
Rumah Sukiyat yang temboknya hancur akibat terkena bus Aneka Jaya. (Foto: Info Trenggalek)
Warga setempat menyaksikan laka lantas bus Aneka Jaya di Panggul, Trenggalek. (Foto: Info Trenggalek)
Warga setempat menyaksikan laka lantas bus Aneka Jaya di Panggul, Trenggalek. (Foto: Info Trenggalek)
Suasana RSUD Pacitan dimana para korban dibawa ke RSUD untuk mendapatkan pertolongan. (Foto: Richo Jawir)
Suasana RSUD Pacitan dimana para korban dibawa ke RSUD untuk mendapatkan pertolongan. (Foto: Richo Jawir)
Bupati Indartato mengunjungi korban kecelakaan di Panggul Trenggalek yang dirawat di RSUD Pacitan, Minggu Malam. (FOto: INfo@Pacitan)
Bupati Indartato mengunjungi korban kecelakaan di Panggul Trenggalek yang dirawat di RSUD Pacitan, Minggu Malam. (Foto: [email protected])