KPU Pacitan Cetak 467.890 Kartu Suara, Prioritas Distribusi di Daerah Rawan Longsor

oleh -Dibaca 896 kali
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada.

Pacitanku.com, PACITAN – Tiga pekan jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pacitan, memprioritaskan distribusi logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) ke empat wilayah kecamatan yang rawan terjadi longsor.

Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan pengiriman logistik lantaran sudah memasuki musim hujan. “Wilayahnya berbukit dan ketika longsor materialnya sering menutupi jalan,” kata Komisioner KPU Pacitan Divisi Anggaran dan Logistik, Sulistyorini saat dihubungi, Jumat (13/11/2015) kemarin.

Lebih lanjut, Sulis menyatakan bahwa logistik pilkada untuk empat kecamatan tersebut bakal didistribusikan pada 2 Desember mendatang atau sehari lebih awal dibandingkan dengan jadwal 13 kecamatan lain.

Selain rawan longsor, ia melanjutkan, pendistribusian logistik di empat kecamatan sisi utara daerah kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini diprioritaskan karena pertimbangan jarak.

Sulistyorini menyatakan bahwa sopir truk pengangkut logistik harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan yang rawan tertutup tanah longsor tersebut. “Untuk antisipasi logistik rusak karena terkena air hujan akan kami tutupi terpal,” ucap dia sambil menambahkan, “Kalau untuk pengamannya kami meminta bantuan polisi dan tentara untuk ikut mengawal.” 

Selain berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI Angkatan Darat, ia melanjutkan, pihak KPU juga akan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam proses distribusi logistik pilkada. BPBD diharapkan memberikan informasi kondisi kedaruratan bencana ke kecamatan dan segera melakukan evakuasi jika terjadi tanah longsor yang menghambat proses pengiriman logistik dari KPU hingga ke tempat pemungutan suara.

Terpisah, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Ratna Budiono mengatakan bahwa pihaknya akan membantu dengan menyebar informasi seputar kondisi cuaca dan potensi bencana melalui jejaring sosial dan radio komunikasi. “Peran kami tidak khusus untuk distribusi logistik pilkada tapi kerawanan bencana secara umum,” ucap Ratna.

Sementara itu, berdasarkan data dari KPU logistik pilkada mulai disiapkan. Kotak dan bilik suara, misalnya, telah dirangkai di kantor KPU. Adapun surat suara sebanyak 467.890 lembar plus tambahan 2,5 persen untuk setiap TPS mulai dicetak di PT Peruri Wira Timur, Surabaya. (Nofika Dian/Tempo/RAPP002)