Menikmati Kealamian Pantai Dhaki di Ujung Pacitan

oleh -101.379 views
Keindahan pesona Pantai Dhaki, Bawur, Sudimoro. (Foto: Sudarsono Sudar)
Keindahan pesona Pantai Dhaki, Bawur, Sudimoro. (Foto: Sudarsono Sudar)
Keindahan pesona Pantai Dhaki, Bawur, Sudimoro. (Foto: Sudarsono Sudar)
Keindahan pesona Pantai Dhaki, Bawur, Sudimoro. (Foto: Sudarsono Sudar)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Membicarakan keindahan pantai yang ada di Pacitan sepertinya tak kan pernah usai. Dan pada akhir pekan ini, Portal Pacitanku kembali mengajak Pacitanku Lovers membedah salah satu pantai yang ada di Pacitan, yaitu Pantai Dhaki. Pantai ini memang masih asing di telinga sebagian orang, karena memang letaknya berada di ujung Pacitan, tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Trenggalek.

Yang membuat pantai unik adalah karena pantai Dhaki memiliki beberapa bagian dan juga memiliki pesona di masing-masing bagiannya. Pada lokasi pertama, ada hamparan lahan perkebunan Pohon Kelapa di lokasi yang cukup rata dan lapang, pada lokasi ini, masih satu bagian dari Teluk Bawur, sehingga pemandangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pacitan pun bisa dinikmati dari area ini. Di area ini anda tidak perlu mengkhawatirkan ombak yang menerjang, karena ada pengaman berupa tebing hijau dan PLTU yang dilengkapi alat pemecah ombak.

Lokasi bagian pertama memiliki karakteristik pasir putih yang bersih dan memanjang, sementara  di bagian ini juga ada kerikil atau bebatuan. Nah disaat air laut surut, kita bisa menyaksikan pemandangan hewan laut asyik bercengkerama di sela bebatuan.

Kemudian, di bagian kedua, adalah tebing yang diselimuti rerumputan hijau dan dibeberapa bagian terdapat Pohon Pandan yang bisa anda gunakan berteduh. Pada bagian ini pula terlihat lokasi  pertama dengan bentangan pasir dan barisan pepohonan kelapa yang rapi. Selain tebing yang menjulang, anda bisa juga menyaksikan pulau kecil di tengah laut, yang tentu bisa anda gunakan untuk saran berfoto dengan teman-teman.

Di bagian selanjutnya, anda akan menemukan area dimana bebatuan mendominasi, ada juga karang yang berlubang dibagian ini. Untuk menuju kesini, anda akan melewati jalan setapak dan di kanan dan kiri akan melihat bebatuan yang beraneka corak, dan tentu menambah keelokan dan kealamian pantai Dhaki.

Untuk menuju ke kawasan Pantai Dhaki, letaknya adalah di balik bukit timur Teluk Bawur. Lokasinya Pun terbilang sangat dekat dari Jalur Lintas selatan, tepatnya Desa Sukorejo, Sudimoro. Jika anda berniat menuju kesini, silahkan menuju ke Pasar Bawur di sebelah timur PLTU, nah, kemudian sebelum  sebelah barat pasar tersebut ada pertigaan kemudian belok kanan, hingga menuju jembatan dan terus mengikuti jalan rabatan. Setelah itu anda akan menemukan keindahan Pantai Dhaki, Bawur.

Per Senin (01/06/2015) mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan yang menjadi pengelola dan penanggungjawab Pantai ini mengenakan tarif Rp 3000 untuk dewasa pada hari biasa. Sementara pada hari ahad atau libur, tarif retribusi untuk orang dewasa adalah Rp 5000. Selamat menikmati keindahan Pantai Dhaki, dan selalu jaga kebersihan dan keindahan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. (RAPP002)