Donorojo Segera Miliki Tiga Festival Dayung

oleh -Dibaca 1.922 kali
Festival Dayung Ngiroboyo
Festival Dayung Ngiroboyo
Festival Dayung Ngiroboyo
Festival Dayung Ngiroboyo (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Kecamatan Donorojo yang selama ini dikenal memiliki banyak potensi wisata, terutama wisata pantai dan air, bakal segera menambah koleksi wisata air dan olahraganya. Hal itu dipastikan setelah akan ada tiga festival dayung di kecamatan yang terletak di ujung barat Pacitan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Camat Donorojo, Djoko Putro Utomo, S.Sos, M.Si, yang berencana menambah satu lagi venue festival dayung di Desa Klepu. Sebelumnya, Donorojo telah sukses menggelar festival dayung tiga kali di Sungai Maron dan Pantai Ngiroboyo yang dikenal dengan festival dayung Ngiroboyo. Belum lama ini, festival dayung juga digelar di Telaga Jati, Desa Cemeng.

Menurut Djoko, terkait rencana kegiatan serupa di Desa Klepu masih terus dijadikan bahan diskusi, terutama dengan masyarakat setempat. “Hanya saja saat ini prosesnya masih dibicarakan oleh masyarakat setempat karena untuk pendanaan dilakukan secara swadaya, sehingga dengan adanya kegiatan semacam ini secara tidak langsung akan membuka jalur wisata lainnya,” tuturnya belum lama ini, kepada Portal Pacitanku.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Donorojo memang menjadi surganya wisata air. Di Pantai Ngiroboyo misalnya, sudah tiga tahun berturut digelar festival dayung, terhitung sejak 2012, 2013 dan terakhir pada 2014 tahun lalu.

Selain itu, dengan adanya festival dayung di telaga Jati, Cemeng dua pekan lalu, kata Djoko, rencananya selain wisata olahraga dayung, juga akan dibuka fasilitas bebek air. “Sehingga kedepan lomba dayung ini tentunya akan terus dikembangkan dengan melibatkan peserta dayung dari luar Pacitan,” pungkasnya. (RAPP002)