Cerita Indartato, Cak Koesnan, Baju Apel dan Mobil Bupati

oleh -101.142 views
Pendopo Kabupaten Pacitan
Pendopo Pemerintah Kabupaten Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)
Indartato
Indartato

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan, Indartato memiliki kisah unik saat dirinya menjabat sebagai staf dan sopir Bupati Pacitan pada saat kepemimpinan Bupati Pacitan, Muhammad Koesnan tahun 1975 lalu.

Indartato yang masih usia remaja memang menjadi sopir bupati yang sering dipanggil Cak Koesnan waktu itu. Dan setidaknya ada dua peristiwa unik yang membuat Indartato percaya bahwa ada rahasia besar terkait peristiwa tersebut.

“Ada dua hal, yang pertama peristiwa baju bekas jelek, waktu itu saya dikasih baju bekas jelek dan saya disuruh memakai dengan pelengkap tali rafia untuk apel di pendopo Kabupaten, saya manut saja, meski setelah memakai banyak yang menertawakannya,” kenang Indartato saat mengisahkan dirinya dalam acara Bedah Buku Tabah Membawa Berkah, Senin (16/2/2015) kemarin.

Ternyata, imbuh Indartato, ada rahasia dibalik keinginan Bupati Koesnan mengenakan baju tersebut. “Rahasianya saya akhirnya disekolahkan oleh Pak Koesnan di IPDN,” katanya.

Sementara, kisah unik lain adalah saat Indartato yang merupakan supir Bupati sedang mengantarkan bupati Koesnan sepulang dari acara. Pada saat melewati daerah Saradan, Jawa Timur, Indartato menyalip mobil, namun nahas didepan mobil ada jalur kereta, sehingga karena terlalu kencang, mobil oleng.

“Terus pak Koesnan sempat bilang, mati kon, mati kon (mati kamu, mati kamu), lalu setelah keadaan aman, saya disuruh minggir, saya ditempeleng, disuruh mundur dan duduk di kursi yang tadi dipakai pak Koesnan, pak Koesnan sendiri yang akhirnya menyupiri mobil tersebut,” jelas Indartato.

Ternyata memang ada rahasia dibalik itu, karena pada saat itu Indartato menggumam dalam hatinya, ternyata enak juga duduk di kursi Bupati. Sehingga sejak 2011 lalu, Indartato di daulat menjadi Bupati Pacitan menggantikan Pak Koesnan puluhan tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, sebelum menjabat sebagai Bupati Pacitan, Indartato memang sudah malang melintang di lingkungan Pemda sebagai pejabat. Sebelum menjadi pejabat Pemda, Indartato memang dibesarkan dari keluarga pas – pasan. Sampai kemudian Indartato bertemu dan menjadi supir seorang Cak Koesnan. Bermulai dari hal itulah, Indartato mulai merintis sebagai tokoh Pacitan. sopir yang kemudian menjadi Bupati Pacitan. (DPPP001)