Gedung Baru DPRD Pacitan Dikomplain

oleh -Dibaca 3.244 kali
Gedung baru DPRD Pacitan dikomplain. (Foto : IST)
Gedung DPRD Pacitan. (Foto : IST)
Gedung baru DPRD Pacitan dikomplain. (Foto : IST)
Gedung baru DPRD Pacitan dikomplain. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN—Pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan menyisakan masalah. Hal itu setelah salah satu anggota DPRD Pacitan, Heru Setyanto yang komplain atas kurang beresnya pembangunan gedung senilai Rp 1,8 milyar tersebut.

Setelah sempat mengalami keterlambatan, proyek yang digarap CV. Hijau Teduh tersebut, dianggap dikerjakan terburu – buru dikarenakan dikerja deadline.

‘’Ternyata masih banyak ditemukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana detail enginering design (DED) yang sudah ditentukan sejak awal,’’ ujar Heru Setyanto, Wakil Ketua Komisi IV, seperti diwartakan radarmadiun.info, usai melakukan sidak kamis lalu.

Pihak DPRD pun berencana meminta klarifikasi dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Kebersihan (DCKTRK) sebagai tim teknis pembangunan gedung dewan Senin (12/1/2015) depan. Dia mengharapkan saat rapat dengar pendapat (RDP) itu, satuan kerja (satker) pimpinan Edy Junan Ahmady tersebut mampu menjelaskan kondisi riil setelah bangunan gedung DPRD itu rampung dikerjakan.

‘’Senin (12/1) depan kami akan undang satker terkait untuk memaparkan apakah sudah sesuai pekerjaan pembangunan gedung DPRD ini dengan rencana desain awal,’’ kata politisi PDI Perjuangan itu.

Heru menilai, selain diduga adanya tidak kesesuaian pekerjaan dari pihak ketiga dengan gambar yang dibuat, hasil temuan sidak juga menyangkut tempat meja pimpinan rapat kurang luas. Tak hanya itu, posisi lantainya yang bertingkat juga dianggap terlalu tinggi.

Ia juga menemukan bahwa jendela juga sudah banyak yang mengelupas. Sehingga dikhawatirkan saat hujan turun akan terjadi kebocoran. ‘’Selain itu, background gedung paripurna juga masih perlu beberapa perbaikan. Karena, tidak ada kerapian pengerjaan di bagian tepi bangunan. Jadi, seolah-olah rekanan pembangunan gedung paripurna ini pengerjaannya asal-asalan,’’ paparnya.

Heru juga mengatakan bahwa bangunan lama berupa ruang komisi serta gedung sekretariat DPRD juga ditemukan beberapa kerusakan. Misalnya, di sudut-sudut titik bangunan sudah mengalami keretakan serta plafonnya mulai rontok. ‘’Ini menjadi pertimbangan kami. Padahal, tidak lama ini pengerjaanya baru saja selesai sudah mengalami kerusakan,’’ terangnya.

Heru juga menambahkan temuan mencolok terdapat pada bagian kuncup gedung antara bangunan sekretariat DPRD dengan ruang komisi. Dia menyebut bahwa besaran atau luasan kuncup berbentuk limas tersebut tak sama. ‘’Bagaimana bisa itu sampai tidak sama. Padahal, kan di gambarnya sudah ditentukan. Nah, itu nanti juga yang akan menjadi bahan kami untuk minta klarifikasi kepada tim teknis,’’ ungkapnya.

Rencanannya, gedung baru DPRD Pacitan yang terletak di Jalan Ahmad Yani itu akan mulai ditempati akhir Januari 2015 ini. (RAPP002)