Tahun 2015, Pantai Banyutibo Jadi Salah Satu Prioritas Pengembangan Wisata Pemkab Pacitan

oleh -101.391 views
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pantai Banyutibo pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan akan menjadikan Pantai Banyutibo salah satu prioritas pembangunan pariwisata di Pacitan pada tahun 2015 ini.

Melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), rencananya yang akan diperbaiki dulu adalah akses jalan menuju ke pantai yang memiliki karakteristik air terjun di tepi pantai itu.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Promosi Disbudparpora Pacitan, Budi Hartoko. Budi mengaku menggarap Pantai Banyu Tibo memang menjadi prioritas pihaknya di tahun 2015. Langkah awal, pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan kerja (satker) lainnya untuk terlebih dahulu memperbaiki akses menuju ke pantai tersebut.

‘’Rencananya dilakukan pada tahun ini. Namun, prosesnya bertahap. Sebab anggaran milik pemkab terbatas,’’ ungkapnya, seperti dilansir dari Radarmadiun.info, Selasa (6/1/2015).

Hingga saat ini, pengembangan pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Pengembangan wisata di Pantai Bayu Tibo dilakukan secara kelompok oleh masyarakat setempat. Bahkan, untuk pengelolaan pantai juga dilakukan perorangan.

‘’Semua hasil pendapatan yang kami terima dari pengunjung yang datang, kami gunakan untuk memperbaiki fasilitas jalan masuk menuju ke pantai,’’ ujarnya Surahman, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Rahman juga menyampaikan bahwa jalan tembus menuju Pantai Kijing yang jaraknya hanya 200 meter dari Pantai Banyutibo itu merupakan hasil kerja keras masyarakat setempat. ‘’Ini semua kami lakukan karena mengharapkan Pantai Banyu Tibo ini kelak bisa menjadi penghidupan masyarakat Dusun/Desa Widoro, Kecamatan Donorojo,’’ pungkasnya. (RAPP002)