Elemen Ormas Pacitan Sepakat Tolak Gerakan ISIS

oleh -1.092 views
Deklarasi Ormas Pacitan tolak ISIS. (Foto : Doc Info Pacitan)
Deklarasi Ormas Pacitan tolak ISIS. (Foto : Doc Info Pacitan)
Deklarasi Ormas Pacitan tolak ISIS. (Foto : Doc Info Pacitan)
Deklarasi Ormas Pacitan tolak ISIS. (Foto : Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Munculnya gerakan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) yang meresahkan warga dan masyarakat Indonesia langsung disikapi oleh berbagai elemen masyarakat dengan menolak gerakan radikal tersebut.

Di Pacitan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama ormas Islam di Pacitan yaitu NU, Muhammadiyah, IPHI, DMI, MTA dan LDII deklarasikan penolakan secara tegas terhadap paham, ideologi, keberadaan dan gerakan tersebut di Kota Seribu Satu Goa.

Untuk membentengi dari aliran gerakan ISIS, perwakilan Ormas tersebut mengajak seluruh umat Islam untuk memahami ajaran agama Islam secara utuh.

Sementara, Kapolres Pacitan, AKBP Aris Haryanto menyampaikan bahwa berdasarkan data, ada 45 warga negara Indonesia yang terlibat sebagai anggota ISIS. “Karena itu kami tegaskan, dan kami imbau agar warga masyarakat, khususnya warga Pacitan tetap waspada akan masuknya paham yang bertujuan merongrong kedaulatan NKRI tersebut,” ujar Aris kepada awak media, Rabu (24/09/2014).

Kapolres menyatakan, sejauh ini Pacitan memang masih relatif aman. Termasuk keberadaan pondok pesantren-pondok pesantren di Pacitan, dinyatakan steril dari ancaman masuknya paham Islam garis keras. Namun demikian, Aris tidak menampik terkait tertangkapnya warga asli Pacitan yang terindikasi sebagai komplotan teroris.

Deklarasi Ormas Islam tolak ISIS tersebut dilakukan di ruang rapat Bupati Pacitan disaksikan Bupati, Wabup, Sekda, Dandim, dan Kapolres Pacitan serta jajaran Muspika se Kabupaten Pacitan.

Dalam deklarasinya, mereka bersepakat untuk bekerjasama dengan pihak berwajib, instansi terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ulama untuk mencegah terbentuknya perwakilan dan tempat ISIS dan faham sejenisnya. Perwakilan Ormas tersebut juga meminta kepada pihak berwajib untuk menindak tegas terhadap kelompok terindikasi ISIS di Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav