Menikmat Lembayung Senja di Lapangan Tembak Pantai Babakan Tuguragung

oleh -697 views
Kawasan Lapangan Tembak di Pringkuku. (Foto : Fajar Bachroni)
Kawasan Lapangan Tembak di Pringkuku. (Foto : Fajar Bachroni)

Pacitanku.com, PRINGKUKU—Salah satu obyek wisata pantai dengan keindahan yang masih tersembunyi adalah Pantai Babakan Tuguragung. Seperti halnya pantai lain di sepanjang kawasan barat Pacitan, pantai Babakan Tugurangung memiliki karakteristik berupa batuan karang hasil abrasi laut yang memecah karang. Akibat abrasi ini, beberapa pahatan alam menjadikan batuan karang di sepanjang pantai ini menjadi bumbu – bumbu penyejuk mata.

Pantai Babakan Tugurangung ini terletak di Desa Dadapan di Kecamatan Pringkuku, ditempuh dari pusat kota sekitar 10 Km. Namun artikel ini bukan membincangkan pantai Tuguragung, melainkan lapangan tembak, yakni kawasan di atas pantai yang masih perawan tersebut.

Kawasan lapangan tembak adalah tempat para TNI berlatih perang dan beradu tangkas dalam hal memainkan persenjataan. Selain menjadi lapangan berlatih, tempat ini juga menjadi salah satu pilihan para muda mudi  dari berbagai kalangan untuk hanya sekedar menikmati eloknya sunset sore hari. Pasalnya selain gratis masuknya juga indah pengabsahan laut lepas pesisir pacitan ini. Hampir setiap hari ada saja yang berdatangan ke lapangan tembak.

Untuk mencapai kawasan lapangan tembak, bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Namun kendaraan hanya sampai di kawasan lapangan tembak yang memang sangat lapang. Setelah sampai di lapangan tembak, untuk menuju tempat ini anda harus berjalan sekitar 1,5 Km atau sekitar 15 menit. Kendaraan tidak bisa masuk ke area pantai karena jalannya hanya setapak, bahkan bagi yang baru berkunjung, harus berpegangan tali dari tetumbuhan yang hidup di bukit tersebut agar tidak terjatuh.

Para petani sekitar pun tidak melewatkan kesempatan ini untuk bercocok tanam disekitar lokasi. “Tempat ini sangat cocok untuk menanam ubi – ubian,” ujar warga setempat kepada Portal Pacitanku, belum lama ini.

Reporter/Foto : Fajar Bachroni