Pemkab Terus Usahakan Agar Kawasan Karst Pacitan Jadi Geopark Dunia

oleh -950 views
Goa Gong menjadi salah satu calon Geopark dunia. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong menjadi salah satu calon Geopark dunia. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong menjadi salah satu calon Geopark dunia. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong menjadi salah satu calon Geopark dunia. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menegaskan akan terus berusaha maksimal agar kawasan karst di daerah asal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut disetujui untuk menjadi bagian dari geopark dunia.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sukowiyono setelah akhir pekan lalu menerima tim asesor Asesor Tim Global Geopark Network (GGN) United Nations Educational Scientific And Cultural Organization (UNESCO) ini untuk menilai kawasan gunung sewu dalam Global Geo Park Network.

Pria yang akrab dipanggil Sukowi ini menegaskan pemerintah daerah akan berusaha maksimal agar dalam penilaian kedua ini wilayah karst di dapat disetujui menjadi bagian dari geopark dunia, “sehingga kekurangan-kekurangan selama penilaian pertama ditahun 2011 dapat dibenahi, salah satunya adalah peran serta masyarakat,” katanya dilansir dari laman resmi Pemkab Pacitan, Kamis (10/7/2014).

Seperti diberitakan sebelumnya di Portal Pacitanku, sabtu hingga senin lalu tim asesor dari Unesco PBB kembali kunjungi Kabupaten Pacitan. Kedatangan Ada empat lokasi geositus yang akan dinilai di Pacitan.Yakni, Pantai Pancer Door, obyek wisata Goa Gong, Song Terus di kecamatan punung serta pantai Klayar di kecamatan Donorojo.keempatnya mendapat penilaian tentang pemberdayaan masyarakat dan tata kelola lingungan.

Kedatangan Asesor GGN Kali Ini merupakan yang kedua kalinya. Dengan kunjungannya kali ini, diharapkan Pacitan dapat memenuhi semua unsur yang disyaratkan. Sehinga kota berjuluk Seribu Satu Goa ini masuk dalam jaringan Geopark dunia.

Sementara itu, Bupati Indartato juga berharap ini menjadi kunjungan Asesor GGN yang terakhir. Namun Bupati menyatakan, apapun hasil yang nantinya diperoleh, hal itu merupakan sebuah bukti bentuk kerjasama konkrit antara daerah-daerah perbatasan di tiga provinsi. Yakni Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikatakan Indartato, pegunungan sewu membentang mulai wilayah Kabupaten Pacitan, Wonogiri, dan Gunung Kidul. Selain kerjasama dalam bidang pelestarian lingkungan, ketiga wilayah telah menjalin kerjasama regional yang disebut Pawonsari.

Redaktur : Robby Agustav