Snorkeling, Cara Baru Nikmati Keindahan Pantai di Pacitan

Tim Adventure Info Pacitan bersnorkelling di Pantai Siwil Pacitan. (Foto : Arif Sasono/Doc.Info Pacitan)

Tim Adventure Info Pacitan bersnorkelling di Pantai Siwil Pacitan. (Foto : Arif Sasono/Doc.Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan dikenal dengan keindahan dan kealamian wisata pantainya. Hal itu nampak dari sepanjang perairan di Pacitan yang memiliki kekhasan tersendiri, seperti ombak yang besar, panorama pantai yang dahsyat, hingga bukit karst yang menambah keelokan pantai.

Namun, siapa sangka, ada satu lagi cara yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan pantai – pantai di Pacitan, yaitu dengan cara snorkeling. Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Seperti yang diungkapkan Arif Sasono, salah satu tim Adventure Info@pacitan, meskipun masih dalam tahap eksplorasi, beberapa pantai di Pacitan cocok digunakan untuk snorkeling. Untuk snorkeling idealnya memang pantai dengan ombak yang tenang, tidak begitu dalam, dengan dasar karang, tetapi agak sulit mencari pantai dengan ombak yang tenang di Pacitan.

“Tetapi dari eksplorasi awal tim adventure info@pacitan berhasil menemukan spot snorkeling yg layak dicoba, salah satunya adalah muara sungai pantai siwil di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo,” kata Arif di grup Facebook Info@pacitan, Rabu (28/5/2014).

Lebih lanjut, Arif menyatakan bahwa tipe teluk Pantai Siwil yang menjorok masuk dan bersatu dengan muara sungai membuat ombak tidak begitu besar. ” Sedangkan dasarnya berupa batuan karang dan rumput laut sehingga banyak didapati ikan-ikan laut, apalagi muara sungai yang banyak ditumbuhi bakau membuatnya menjadi salah satu tempat berkumpulnya ikan,” terangnya.

Untuk bisa menikmati keindahan alam bawah laut perairan di Pacitan dengan nyaman, harus nunggu ombak agak besar, sebatas pinggang sampai dada masih relatif aman. “Hanya sayang belum punya kamera bawah air sehingga belum bisa mengambil momen keindahan bawah airnya, eksplorasi selanjutnya akan diusahakan pakai kamera bawah air, jadi tunggu info keindahan bawah air pantai pacitan hanya di info@pacitan,” pungkasnya.

Redaktur : Robby Agustav

Pantai Siwil Pacitan Snorkelling di Pacitan

No related post!