Pacitan Kembali Dapatkan Predikat WTP dari Pemerintah

oleh -Dibaca 1.330 kali
Pacitan Raih Predikat WTP 2014. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pacitan Raih Predikat WTP 2014. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pacitan Raih Predikat WTP 2014. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pacitan Raih Predikat WTP 2014. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun ini kepada Kabupaten Pacitan. Atas capaiannya itu, Pemkab Pacitan mendapatkan  reward dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu).

Seperti dilansir dari laman resmi SKPD Pacitan, Sabtu (10/5/2014), parameter penilaian yang menjadi alasan Pacitan mendapatkan penghargaan terbaik di bidang keuangan dan aset tersebut diantaranya meliputi kesesuaian dengan standar akuntansi, azas kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Sementara itu, Bupati Pacitan, Indartato tak bisa menyembunyikan kegembiraannya terkait predikat WTP yang diperoleh Pacitan ini. Menurutnya, dari pengelaman tahun lalu, pihaknya terus berbenah menyempurnakan kekurangan yang ada, terutam soal aset daerah yang jumlahnya cukup banyak.

Sebelumnya, pada tahun lalu Pacitan hanya meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), gara-gara bermasalah dengan pengelolaan keuangan dan aset yang tercecer, salah satunya adalah dikarenakan ditemukan sejumlah pos penganggaran yang tidak bisa dipertanggungjawabkan . “Keberhasilan (WTP) ini merupakan buah dari kerja keras seluruh SKPD dibawah koordinasi sekda,” tambah Indartato.

Rencananya, penghargaan dari Kemenkeu tersebut akan dimanfaatkan Pemkab Pacitan untuk peningkatan pendidikan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti diketahui, sebenarnya Kabupaten Pacitan sering mendapatkan predikat WTP ini. Sejak tahun 2010 hingga 2012, Pacitan dikenal dengan sebagai daerah yang terus mendapatkan supremasi tertinggi bidang pinata usahaan keuangan tersebut.  Sebelumnya, mulai tahun 2008-2009 silam, Pemkab Pacitan sempat mendapatkan opini dangan level Wajar Dengan  Pengecualian (WDP).

Redaktur : Robby Agustav