Lomba Panembrono dan Pentas Budaya Semarakkan O2SN Pacitan 2014

oleh -13726 views
O2SN Pacitan 2014
O2SN Pacitan 2014
O2SN Pacitan 2014
O2SN Pacitan 2014

Pacitanku.com, PACITAN—Ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan pekan Seni Pelajar Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Pacitan dipastikan berlangsung dengan meriah. Hal itu tak lepas dari banyaknya ragam agenda yang memerihakan acara tersebut.

Agenda ini sendiri mulai dibuka pada sabtu, (8/3/14) dengan berbagai kesenian dan atraksi dipertontonkan peserta dari 12 kecamatan. Acara yang dibuka bupati Indartato mendapat sambutan antusias warga. Meski dibawah sengatan terik matahari, ribuan orang rela berkerumun untuk menyaksikan pawai budaya bersamaan dengan deville para atlet peserta lomba.

“Bertanding bukan hanya urusan kalah dan menang tetapi bagaimana dapat menghargai kelebihan dan kekurangan mitra tanding”, pesan bupati Indartato saat memberikan sambutan dihadapan peserta lomba.

Pria yang juga politisi Partai Demokrat ini juga berharap kegiatan ini akan menumbuhkan semangat serta cinta terhadap budaya bangsa. “Dengan seportifitas yang tinggi, Tujuan O2SN dan porseni menyiapkan generasi berkemampuan tinggi, berbudi pekerti luhur dan berprestasi akan tercapai,” katanya.

Selain melibatkan anak-anak pelajar, hampir semua peserta pawai budaya yang digawangi UPT TK/SD dilengkapi dengan berbagai replika ukuran raksasa. Kontingen dari Kecamatan Tegalombo misalnya, yang menggunakan replika gajah untuk melakukan iring – iringan peserta.

Sementara itu kontingen dari Nawangan menampilkan replika kera putih Hanoman sengaja dibawa untuk unjuk kebolehan didepan penonton. Replika ini merupakan gambaran dari tari Kethek Ogleng. salah satu kesenian asli Pacitan karya cipta Sutiman, putra terbaik dari Desa Tokawi kecamatan Nawangan.

Setelah resmi dibuka, hari ini akan digelar berbagai perlombaan, baik olahraga maupun seni. Dari cabang olahraga, akan dipertandingkan cabor atletik, bulu tangkis, tenis meja, bola voli, sepak bola, renang dan catur. Sedangkan lomba seni meliputi baca puisi, melukis dan lomba panembrono. Sementara olimpiade siswa akan digelar pada hari selasa lusa.

Redaktur : Robby Agustav