Sedapnya Cita Rasa Kupat Tahu Pacitan, Kuliner Kegemaran SBY

oleh -2.400 views
Kupat Tahu pacitan yang enak
Kuliner Pacitan, Kupat Tahu pacitan

Pacitanku.com, PACITAN—Salah satu kuliner pacitan yang ngangeni untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam adalah kupat tahu Pacitan, atau orang ada juga yang menyebut dengan tahu kupat. Tahu kupat adalah salah satu kuliner yang terdiri dari tahu goreng, kupat (ketupat), tauge, kol, dan diguyur air bawang putih dan kuah kecap, di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng.

Yang menjadikan kupat tahu Pacitan memiliki cita rasa khas adalah kuah kecap yang kental menjadikan tahu kupat memiliki rasa manis yang menonjol, lalu air bawang putih menambahkan sedikit rasa gurih, tambah mantap dengan imbuhan kerupuk kuning atau rambak.

Biasanya sang pedagang kupat tahu Pacitan lalu menanyakan ke pelanggannya, “pedas, sedang atau biasa?” tawar salah satu penjual, dan untuk selanjutnya terserah anda mau mencicipi yang pedas, sedang, ataupun taka da tambahan cabenya.

Kuliner tahu kupat pacitan ini juga menjadi salah satu kuliner kegemaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden asli Pacitan ini menyatakan dirinya sangat menggemari makanan khas daerah Pacitan yakni soto dan kupat tahu.

“Saya menggemari soto dan kupat tahu khas Pacitan,” kata SBY dalam forum silaturahim akbar warga Pacitan-Ngawi-Magetan-Madiun-Ponorogo (Pawitandirogo) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta beberapa waktu lalu.

Yang menjadikan kupat tahu Pacitan berbeda dengan daerah lainnya adalah bukan hanya terletak pada nama daerah tetapi juga rasanya, dikarenakan perbedaan resep bumbu walaupun menggunakan bahan utama yang sama. Kupat tahu ini bisa anda dapatkan di pasar minulyo atau dibeberapa pasar tradisional lainnya di pacitan. Untuk harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp.5000 rupiah per porsi.