Liburan Lebaran, Ratusan Wisatawan Teleng Ria Pacitan Tersengat Ubur-Ubur Beracun

oleh -13819 views
Ratusan Wisatawan di Pantai Teleng Ria Pacitan foto by DWITajuk
Ratusan Wisatawan di Pantai Teleng Ria Pacitan foto by DWITajuk

Pacitanku.com, PACITAN—Liburan Lebaran di Pantai Teleng Ria yang menjadi agenda rutin bagi warga Pacitan berbuah petaka. Pantai terbesar di Kabupaten Pacitan yang mulai ramai dari Lebaran hari ketiga, Sabtu (10/8) hingga Kamis (14/8) memakan korban wisatawan yang tersengat ubur – ubur laut.

Dari pantauan Tajuk.co, sekitar 500 wisatawan yang tersengat ubur-ubur api di pantai yang terletak di dekat pelabuhan Ikan Tamperan, Pacitan tersebut. Akibat racun yang mengenai kulit tersebut membuat para wisatawan tersebut kesakitan, bahkan ada beberapa wisatawan yang sampai pingsan.

“Ada juga yang sampai kehabisan napas. Sebab, racun sudah menyebar ke tubuh korban,” kata Panji, salah seorang petugas keamanan pantai Teleng Ria.

Dikatakannya, racun ubur – ubur tersebut bisa menyumbat pernapasan. Penanganannya pun harus dilakukan dengan memberikan napas buatan. Setelah napas mereka kembali normal, petugas keamanan pantai berusaha menetralisir racun. Teknisnya, menyeka kulit korban yang tersengat ubur ubur dengan cairan amoniak yang dicampur tawas.

“Penetralisiran racun dengan cara seperti itu dilakukan kepada seluruh korban. Namun, reaksinya berbeda-beda. Ada yang hanya merasa panas di kulit. Tetapi, ada juga yang perutnya mual. Bergantung kondisi tubuh masing-masing,” ujarnya.

Diprediksi, sampai akhir pekan ini obyek wisata Pantai Teleng Ria di Pacitan masih kebanjiran pengunjung, memanfaatkan liburan Lebaran. Oleh karena itu masyarakat diminta berhati – hati terhadap ancaman ubur – ubur beracun ini.

Redaktur/Foto : Dwi Purnawan

Sumber : Tajuk.co