Awasi Tahapan Coklit Pilkada 2024, Bawaslu Pacitan Datangi 5.272 KK di 962 TPS

oleh -269 Dilihat
Bawaslu melakukan pengawasan melekat selama 3 hari sejak Senin (24/6/2024) sampai dengan Rabu (26/6/2024) di wilayah Pacitan. (Foto: Dok Bawaslu Pacitan for Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan turut melakukan pengawasan melekat tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kegiatan pengawasan melekat tersebut dilaksanakan selama 3 hari sejak Senin (24/6/2024) sampai dengan Rabu (26/6/2024) di wilayah Pacitan.

Ketua Bawaslu Pacitan Syamsul Arifin dalam keterangannya mengatakan pada masa pengawasan melekat, Bawaslu mendatangi Kepala Keluarga (KK) secara door to door kepada 5272 Kepala Keluarga di 962 TPS  pada 172 Desa se Kabupaten pacitan. Berikut ini data hasil pengawasan melekat di masing-masing kecamatan.

“Dari hasil Pengawasan tersebut didapatkan hasil bahwa Pantarlih sudah mematuhi tata cara dan prosedur pelaksanaan coklit pada Pilkada 2024,”katanya.

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan selama Pengawasan Melekat kepada Pantarlih, Bawaslu Pacitan sudah membuat 13 Imbauan pencegahan dugaan pelanggaran secara tertulis dan membuat 555 form hasil pengawasan dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Pacitan sampai jajaran Panwaslu Kecamatan juga membuat posko kawal hak pilih.

“Ini sebagai upaya untuk memastikan semua pemilik hak pilih terjaga hak pilihnya dan bisa menyalurkan suaranya pada Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur pada 27 November 2024,”jelasnya.

Syamsul juga mengharapkan dan mengundang partisipasi aktif dari masyarakat sipil, lembaga pengawas independen, dan seluruh pemangku kepentingan bersama mengawasi dan memastikan bahwa proses Pemilu berjalan dengan transparan dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang dijunjung tinggi.

“Dengan demikian, kami percaya bahwa upaya kolektif ini akan memperkuat kepercayaan publik terhadap integritas pemilihan dan memastikan bahwa hasil pemilihan yang akan datang mencerminkan suara sejati dari seluruh rakyat,”kata dia.

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang berharga dalam menjaga proses demokrasi yang adil dan berkeadilan,”pungkas Syamsul.