Semarak, Jamaah TPA Al Barokah Pacitan Gelar Pelatihan Haji Umrah

oleh -3 Dilihat
PELATIHAN HAJI UMRAH. TPA ALBAROKAH menggelar pelatihan haji umrah pada Ahad (14/5/2023). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Beragam kreasi unik dilakukan masyarakat untuk menyambut bulan Haji. Salah satunya di lakukan TPA Al Barokah Sirnoboyo yang menggelar Pelatihan Haji Umrah, Ahad (14/5/2023).

Kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari para wali santri, santri dan masyarakat sekitar Sirnoboyo.

Pengelola TPA Al Barokah dan Sekaligus Ketua panita, Afid Burhanuddin menjelaskan munculnya ide pelatihan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar para takmir untuk membiasakan pada jamaah untuk belajar rukum islam kelima, haji,”kata Afid saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Lebih lanjut, Afid mengungkapkan sebagai bentuk motivasi dan penanaman niat untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Pelatihan Haji umrah nantinya akan digelar kontinyu.

“Iya ini sebagai bentuk menanamkan niat dan motivasi bagi jamaah. Dan ini merupakan tahap ketiga manasik Haji, selanjutnya nanti akan berangkat ke Semarang untuk belajar Haji. Ini gratis untuk semua masyarakat, adapun jumlah peserta sekitar 120 an peserta,”papar dia.

Sementara lurah Sirnoboyo, Eko Hariyono mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan Haji Umrah untuk mengajak masyarakat memiliki motivasi Haji dan umrah dikemudian hari.

“Saya sangat mengapresiasi di adakannya pelatihan Haji Umrah yang di inisiasi TPA Al Barokah, masyarakat sangat antusias,”katanya.