Pemkab Pacitan Apresiasi Dukungan BI untuk Pengembangan Pariwisata di Kota 1001 Goa

oleh -Dibaca 558 kali
PANTAI SRAU. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra mengapresiasi dukungan Bank Indonesia (BI) perwakilan Kediri yang mendukung penuh pengembangan pariwisata di Pacitan.

Hal itu diungkapkan oleh Heru saat memberikan sambutan secara daring dalam peluncuran platform virtual tourism destination dengan nama Wisatakemari.com pada Kamis (19/8/2021).

“Izinkan kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan banyak terimakasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan dukungan terhadap pariwisata di Pacitan melalui platform virtual tourism destination,”kata Heru mengawali sambutannya.

Baca juga: Pemprov Jatim Apresiasi Peluncuran Platform Virtual Tourism Destination Wisata Kemari

Menurut Heru, sektor pariwisata di Pacitan merupakan sektor yang berkembang pesat. Tak heran, Pemkab kemudian menetapkan sektor ini sebagai sektor penggerak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sektor pariwisata di Pacitan merupakan sektor yang berkembang pesat. Jumlah kunjungan wisata pada wisatawan tahun 2019 sebanyak 2,3 juta wisatawan yang menyumbang PAD sebesar Rp13 miliar, sedangkan tahun 2020, walaupun sempat ditutup (akibat pandemi) selama 6 bulan, jumlah kunjungan mencapai 860 ribu wisatawan dan menyumbangkan PAD sebesar Rp5 miliar,”jelasnya.

Melihat potensi tersebut, Heru mengatakan sangat wajar Pemkab Pacitan menetapkan sektor pariwisata penggerak, dimana salah satunya hal ini menjadi program prioritas Bupati Pacitan yang tertuang dalam RPJMD.

Heru Wiwoho saat memberikan sambutan dalam launching wisata kemari, Kamis (19/8/2021). (Foto: tangkapan layar zoom)

Namun demikian, Heru mengatakan dengan adanya pandemi COVD-19 tentu berdampak terhadap sektor pariwisata.“Penutupan destinasi wisata juga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Jumlah kunjungan menurun drastic dan memberikan efek domino,”tandasnya.

Pemkab, kata Heru, telah mengupayakan berbagai cara dengan harapan kunjungan wisata meningkat sehingga perkonomian masyarakat pulih kembali.“Pemanfaatan teknologi informasi juga memiliki peran yang sangat penting mendongkrak kunjungan wisatawan di Pacitan,”kata dia.

Dikarenakan wisata ditutup, imbuhnya, mempromosikan melalui jalur digital sangat tepat. Sehingga, imbuhnya, pada saatnya nanti obyekwisata dibuka, para wisatawan dapat mengobti rasa penasaran tersebut dengan mengunjungi destinasi wisata di Pacitan.

“Hal ini akan meningkatkan kunjugan wisata, selain itu teknologi informasi juga mengobati kerinduan yang ingin berwisata di pandemi, salah satu caranya adalah virtual tour,”papar Heru.

Di sisi lain, manfaat dengan berkembangnya teknologi informasi digital, ini memudahkan wisatawan yang datang ke Pacitan dengan adanya penjualan tiket secara online.

“Sehingga para calon wisatawan tidakdirepotkan dengan berjubelnya antrian di pos tiket, langkah ini seiring sejalan pengurangan COVID-19,”ujarnya.

Heru mengapresiasi platform digital Wisata Kemari karena dengan adanya platform ini nanti dapat kembali meningkatan kunjungan wisatawan yang hadir di Pacitan.

“Dengan demikian perokonomian kembali bergerak sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera dan bahagia, kami tunggu kedatangannya di Pacitan,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, kantor perwakilan BI Kediri bersama 13 Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun meluncurkan Platform Virtual Tourism Destination dengan nama Wisatakemari.com pada Kamis (19/8/2021) yang digelar secara daring.

Adapun 13 daerah tersebut adalah Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Madiun.

Untuk diketahui, wisatakemari.com adalah sistem yang dapat memberikan informasi dan panduan bagi masyarakat untuk mengeksplor obyek-obyek pariwisata. Platform ini juga dilengkapi dengan Video 360, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi yang berbeda dalam mengeksplor obyek wisata.

Hadir dalam launching atau peluncuran tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto.

Kemudian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia, Anggota Komisi XI DPR RI Muhammad Sarmudji, pengarah wisatakemari.com yang juga Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra dan perwakilan Pemerintah Kota/Kabupaten eks Keresidenan Kediri dan Madiun.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Pantai Klayar Pacitan yang Terus ‘Mempercantik’ Diri

No More Posts Available.

No more pages to load.