Berawal Jualan Lewat BBM, Mantan Apoteker ini Kini Malah Sukses Jadi Pengusaha Roti di Pacitan

oleh -160 views
Terima Anugerah PIW 2020. Khomsatun Kamilah (Baju hijau tosca saat menerima piagam PIW 2020 dari founder Pacitanku.com Dwi Purnawan, beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Rezeki datangnya tak diduga. Berawal dari hobi, dan tekun menjalani hobi tersebut, pada akhirnya menjadi lumbung rezeki yang menyejahterakan keluarga. Hal itulah yang dialami oleh Khomsatun Kamilah.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Mila ini adalah salah satu pengusaha roti sukses di Pacitan. Namun dibalik kesuksesannya, ternyata membutuhkan fokus, tekun dan ulet dalam menjalaninya.

Siapa sangka, pemilik salah satu toko roti terkemuka di Pacitan, Alifa Cake and bakery ini justru awalnya bekerja sebagai apoteker di Apotek Anda, Pacitan. Awalnya, Bunda Mila hanya berproduksi di rumah, dan memasarkan melalui aplikasi yang sat itu popular, yakni Blackberry Massanger (BBM) produk rotinya.

Namun justru, berkat ketekunannya, pada akhirnya membuahkan hasil. Outlet Alifa Cake and Bakery kini ada tiga, yakni di Pacitan, di Punung dan Arjosari. Atas hal itu pula, pada momen hari Ibu tahun 2020 lalu, Bunda Mila mendapatkan penghargaan Pacitanku Inspiring Women (PIW) 2020 untuk kategori perempuan dan wirausaha.

“Alifa bakery sudah saya mulai sejak tahun 2013 yang ketika itu saya masih bekerja sebagai apoteker di apotek Anda, ketika itu saya memasarkannya melalui BBM dan media online pada tahun 2013, Alhamdulillah tahun 2015 Allah SWT memberikan kesempatan bagi saya membuka outlet pertama di pertokoan Bangunsari,”kata Bunda Mila, saat menceritakan success story-nya, beberapa waktu lalu.

Dua tahun menjalani bisnis bakery and cake, Bunda Mila terus berupaya mengembangkan ilmu, seperti ilmu baking roti untuk menambah variasi yang ada di toko.

“Seiring berjalannya waktu Alifa Cake and bakery dapat diterima oleh masyarakat dan tahun 2019 Allah SWT memberikan kesempatan kembali membuka outlet di daerah Punung, kemudian tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 saat Pemda pacitan menyatakan siaga covid saat itu kami justru membuka outlet kami yang ketiga di Arjosari,”papar perempuan kelahiran Yogyakarta ini.

Perempuan yang merupakan alumni SMAN 1 Negara, Bali ini kemudian menceritakan salah satu momen yang paling berkesan selama dirinya di dunia usaha roti adalah saat ikut berpartisipasi menyajikan cake atas kedatangan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Ya saat itu momen yang paling berkesan tahun 2014 ketika saat berproduksi di rumah dapat orderan dari Pemda Pacitan untuk kedatangan Presiden ke-6 RI Pak SBY saat itu masih menjabat. Selain itu juga pernah melayani satu orang itu 3600 boks untuk hajatannya,”jelas Bunda Mila.

Bunda Mila juga berpesan kepada para ibu dan perempuan untuk terus berinovasi dan berkarya mempersembahkan yang terbaik dalam hidup.

“Terus obah, inovasi dan berkarya, kita mulai dari rumah kita, surge kita untuk mengupdate ilmu menjadi wanita yang bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat,”pungkasnya.

Bunda Mila saat menerima penghargaan PIW 2020 beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Salahuddin)