Pemkab Pacitan Salurkan Bantuan Beras untuk Petani di Banjarjo Kebonagung

oleh -0 Dilihat
Bupati Pacitan berikan bantuan beras kepada petani. (Foto: Arif Sasono/Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui  Dinas Pangan Kabupaten Pacitan memberikan bantuan beras kepada masyarakat petani di Desa  Banjarjo Kecamatan Kebonagung yang terdampak gagal panen.

Bantuan cadangan pangan tersebut diberikan kepada  735 jiwa  dari 209 kepala keluarga (KK) dengan total bantuan sebanyak 3 ton lebih beras.

Penyaluran bantuan beras cadangan pangan kepada petani terdampak gagal panen diserahkan langsung Bupati Indartato.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda), Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, PLT Kepala Dinas Pangan dan Kepala Dinas Pertanian.

“Bantuan ini untuk meringankan beban petani yang musim kemarin mengalami gagal panen,” kata Bupati Indartato, Selasa (29/9/2020) seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Pemerintah melalui Dinas pangan lanjut bupati, telah mengantisipasi  menyiapkan cadangan pangan untuk kejadian-kejadian tak terduga semisal gagal panen.

Sampai saat ini total cadangan pangan yang tersedia  sebanyak 47 ton beras.

“Bantuan semacam ini akan kita berikan menyeluruh  se Kabupaten Pacitan melalui  laporan kepala desa dilanjutkan ke kecamatan dan Dinas Pangan,”kata dia.

Kepada petani, Indartato mengungkapkan keprihatinan  karena ditengah ancaman pandemi Covid-19 petani harus menerima kenyataan gagal panen.

Namun demikian, orang nomor satu di Pacitan itu minta para petani tidak patah semangat. Pemerintah sendiri akan membantu baik melalui pendampingan petugas penyuluh lapangan maupun pemenuhan sarana dan prasarana pertanian.

“Petani harus belajar dan mengamati jenis varian padi yang cocok dan tahan hama karena ekosistem alam yang mulai berubah ubah,”imbau Kepala Dinas Pertanian Bambang Supriyoko.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan
Editor: Dwi Purnawan