World Cleanup Day 2020, 135 Relawan Lintas Komunitas Gelar Aksi Bersih-bersih dan Pilah Sampah di Pantai Ngiroboyo

oleh -13184 views
Kegiatan yang digelar di Pantai Ngiroboyo dalam rangka World Cleanup Day (WCD) 2020 pada Sabtu (19/9/2020). (Foto: Dok BUMDesa Subur Makmur)

Pacitanku.com, DONOROJO – Tak kurang dari 100 relawan lintas komunitas mengikuti kegiatan World Clean-up Day (WCD) Hari Bersih-bersih Sampah Sedunia 2020 yang digelar di kawasan wisata Pantai Ngiroboyo, Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Bekerja sama dengan BUMDesa Subur Makmur Desa Sendang, komunitas yang hadir kegiatan bersih-bersih tersebut diantaranya dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) dan PKK Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

DIrektur BUMDesa Subur Makmur, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Wildan Nur Swi Harmoko dalam keterangan persnya mengatakan, kegiatan lintas komunitas tersebut untuk menyukseskan kegiatan WCD tersebut.

“Kami, BUMDesa Subur Makmur, Desa Sendang mengajak relawan lintas komunitas ikut andil dalam aksi pungut sampah, alhamdulillah relawan lintas komunitas bisa hadir, 65 orang dari PSHT, 60 orang dari PSPC dan 10 orang dari PKK Desa Sendang, total 135 orang relawan, sesuai absensi yang tercatat,”kata Wildan.

Sebelum menggelar aksi pungut sampah, para relawan tersebut terlebih dahulu mengikuti kegiatan senam aerobic on the beach.

“Kita awali dengan senam aerobic on the beach bersama sanggar senam Kalak sakti, lalu sosialisasi Pilbup Pacitan dari Relasi (Relawan Demokrasi) dan sosialisasi Jatim bermasker dari Bhabinkamtibmas Polsek Donorojo agar peserta juga mematuhi protokol kesehatan,”imbuhnya.

Wildan mengatakan, dalam kegiatan yang diikuti lebih dari 180 negara secara serentak pada 19 September 2020 ini hasilnya juga disampaikan ke panitia WCD regional Pacitan.

“Setelah kita pilah, ada 6 kilogram sampah anorganik, 32 kilogram sampah non Plastik dan sampah residu 5 kilogram sampah residu,”pungkasnya.

Selain di Pantai Ngiroboyo, kegiatan WCD juga digelar serentak di berbagai titik di Pacitan.

Editor: Dwi Purnawan

Video Piknik Asyik di Pesona Ngiroboyo