Lolos Tahap Simulasi, Obyek Wisata Teleng Ria dan Beiji Park Kini Dibuka untuk Umum

oleh -13312 views

Pacitanku.com, PACITAN — Dua obyek wisata di Pacitan, masing-masing Parai Teleng Ria dan Beiji Park naik status ke tahap uji coba pembukaan setelah merampungkan masa simulasi selama satu bulan.

Dengan demikian, dua obyek wisata yang masing-masing terletak di Kelurahan Sidoharjo Pacitan dan Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku tersebut mulai dibuka untuk umum, Kamis (13/8/2020).

Mengutip dari siaran pers Humas  Pemkab Pacitan, Rabu (12/8/2020) malam, lampu hijau diberikan kepada pengelola wisata Parai Beach Resort Teleng Ria dan Beji Park karena dua obyek wisata itu terbukti lulus uji.

Sebagai bukti memulai tahap uji coba diserahkan sertifikat oleh Bupati Pacitan Indartato kepada pihak pengelola. Dengan demikian, Parai Teleng Ria maupun Beji Park  dapat menerima kunjungan wisatawan tidak hanya lokal namun juga dari luar kota.

“Ini sangat menggembirakan karena  perekomian Pacitan mulai bergeliat,”kata Bupati Pacitan Indartato, Kamis (12/8) di Parai Teleng Ria.

Bupati berharap, obyek wisata lain segera menyusul, sehingga roda ekonomi Pacitan dapat bergerak dan pulih seperti sedia kala. Untuk itu orang nomor satu di Pacitan itu minta semua mematuhi protokol kesehatan agar Pacitan segera bebas dari coronavirus disease 2019 (COVID-19) atau masuk ke zona hijau.

Sementara, menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan T. Andi Faliandra, tahap uji coba merupakan tindak lanjut dari tahap simulasi dalam rangkaian Adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Hal itu, kata dia, menjadi prasyarat sebelum obyek wisata benar-benar beroperasi penuh di masa pandemi.

“Menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi memang berat karena merubah pola kebiasaan,”katanya.

Selama tahap simulasi, pengelola wisata wajib menjalankan protokol kesehatan. Bahkan, pengunjung pun tidak bisa bebas. Tak pelak hal itu membuat pendapatan pengelola wisata turun.

Sesuai laporan pengelola, jumlah pengunjung pada tahap simulasi cukup baik. Dalam sebulan, Parai Teleng Ria menerima 6.932 kunjungan wisatawan, sedangkan Beji park 246. Semuanya adalah pengunjung lokal.

“Ini bukti jika destinasi wisata kita menjanjikan,”pungkasnya.

Selain dua wisata yang memasuki tahap uji coba sehingga dibuka untuk wisatawan umum, enam obyek wisata di Pacitan masih menyandang status tahap simulasi atau masih khusus diperuntukkan bagi wisatawan lokal Pacitan. Ke enam obyek wisata yang masih menyandang status simulasi tersebut adalah Pantai Soge, Pantai Pidakan, Pantai Klayar, Pantai Pancer, Pantai Watu Bale dan Pantai Watukarung.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan
Editor: Dwi Purnawan