Bupati Pacitan Syukuri Panen Raya Bersama Petani Ditengah Pandemi

oleh -13143 views
PANEN RAYA. Bupati pacitan saat menggelar panen raya pada Senin (20/7/2020) di Desa kembang, Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menggelar panen raya bersama sejumlah petani di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan pada Senin (20/7/2020).

Meski sempat muncul kekhawatiran ketahanan pangan terganggu akibat pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19), petani di Kabupaten Pacitan justru melakukan panen raya padi. Hal ini membuktikan bahwa sektor pertanian tetap produktif meskipun terkendala.

“Kita bersyukur ditengah pandemi petani masih bisa panen,”kata Indartato saat melakukan panen raya bersama petani di Desa Kembang Kecamatan Pacitan, Senin (20/7/2020) seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Menurut Indartato, panen kali ini terasa istimewa karena berada di masa tanam kedua dengan curah hujan terbatas. Ditambah lagi aktivitas petani yang tidak normal karena adanya pembatasan akibat wabah corona.

Hal senada disampaikan kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur (BPTP) Catur Hermanto.

Menurutnya, panen raya di Pacitan ini membuktikan bahwa ketahanan pangan tidak terpengaruh. Bahkan sesuai analisa data  ketahan pangan Jawa Timur aman sampai dengan Desember. “Akan ada surplus 3,9 juta ton beras di Jawa Timur setelah masa COVID-19,”kata dia.

Yang terpenting,  kata Catur jangan semua hasil panen dijual namun ada yang disimpan untuk cadangan. Untuk menjaga momentum kinerja petani, penggunaan alat dan mesin pertanian harus lebih maksimal serta menentukan varitas padi yang sesuai guna mengantisipasi kemungkinan kemarau panjang.

Panen raya dipusatkan di Desa Kembang Kecamatan Pacitan karena wilayah tersebut yang paling terdampak pandemi. Total luas lahan panen se- Kabupaten Pacitan dimasa tanam kedua kali ini sebanyak 7000 hektar.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan
Editor: Dwi Purnawan