Gempa 5 SR Guncang Pacitan, Masyarakat Berhamburan Keluar

oleh -377 views

Pacitanku.com, PACITAN –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur pada Senin (22/6/2020) pukul 02.33 WIB.

Informasi dari BMKG, gempa Pacitan yang terjadi Senin (22/6/2020) bermagnitudo 5,0 SR. Adapun  lokasi gempa di 107 Km barat daya Pacitan dengan kedalaman 63 kilometer.

BMKG sendiri telah menyatakan gempa yang terjadi pada dini hari tersebut tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan sampai Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wonogiri, Tulungagung, dan Karangates dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Sementara itu, dalam skala II MMI getaran gempa dirasakan sampai Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, dan Purwokerto.

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian, seperti dikutip dari laman BMKG.

Skala I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III, getaran dirasakan nyata, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Sementara, Staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Budi Santoso meminta masyarakat waspada.

Staf BPBD Pacitan saat memantau gempa bumi. (Foto: Julian Tondo)

“Terjadi gempa bumi cukup besar, terpantau saat ini. Diharapkan masyarakat tetap waspada, belum ada kemungkinan gempa susulan. Ya kami berharap semua tetap mandali, tetap waspada,”kata Budi.

Akibat guncangan yang cukup keras tersebut, membuat sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Saya tidur. Tiba tiba goyang cukup besar. Langsung saya gendong anak saya terus keluar rumah,”kata Agung, warga lingkungan Barean, Kelurahan Ploso, Pacitan.

Sampai berita ini ditulis belum ada laporan kerusakan akibat gempa tesebut.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan

Rekaman BMKG terkait gempa di Pacitan Senin dini hari