Kecamatan Pacitan dan Tulakan, Diproyeksikan Sebagai Wilayah dengan TPS Terbanyak di Pilbup 2020

oleh -13148 views
Ilustrasi Pilkada

Pacitanku.com, PACITAN — Dua kecamatan di Kabupaten Pacitan, diproyeksikan sebagai wilayah dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) terbanyak dalam perhelatan Pilbup serentak 9 Desember.

Kedua kecamatan tersebut, meliputi Kecamatan Pacitan dan Tulakan.

“Dua kecamatan tersebut yang diproyeksikan sebagai wilayah dengan jumlah TPS terbanyak,” ujar Ketua KPU Pacitan Sulis Setyorini, Jumat (19/6/2020).

Mantan dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya ini menjelaskan, jumlah TPS di Pacitan semula diproyeksikan sebanyak 1.070 TPS yang tersebar di 171 desa dan kelurahan. Hal tersebut merujuk ketentuan peraturan KPU RI, dengan pembatasan jumlah pemilih sebanyak 800 jiwa.

Namun seiring terjadinya pandemi covid-19, maksimal jumlah pemilih di satu TPS, berubah menjadi 500 jiwa.

Dengan begitu, jumlah TPS di Pacitan diproyeksikan bertambah sebanyak 229 TPS. Sehingga total jumlah TPS saat hari H pemungutan dan penghitungan suara menjadi 1.299 TPS.

“Jumlah data penduduk potensial pemilih pemilu (DP 4) saat ini sebanyak 477.179. Data tersebut masih hendak dilaksanakan verifikasi dan coklit (pencocokan dan penelitian),” jelasnya.

Lebih lanjut Sulis Setyorini menegaskan, KPU sejatinya sudah memproyeksikan jumlah TPS di setiap desa dan kelurahan. Hanya saja, untuk jumlah TPS terbanyak masih terkonsentrasi di Kecamatan Pacitan dengan 158 TPS dan Kecamatan Tulakan 184 TPS.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan