OPD Teknis di Pacitan, Tengah Lakukan Kajian-kajian

oleh -13186 views
Sekretaris Dinas PUPR Pacitan, Suparlan. (Foto: Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN— Bupati Pacitan Indartato, mendorong agar kegiatan pengadaan barang dan jasa, khususnya proyek infrastruktur vital yang berkaitan dengan akses perekonomian masyarakat, untuk segera dilaksanakan.

Meski, diakui Indartato, untuk merealisasikan rencana tersebut hampir di semua organisasi perangkat daerah (OPD) teknis masih melakukan kajian-kajian.

Mengingat, pemerintah pusat mewacanakan rasionalisasi dana perimbangan pusat dan daerah, yang jumlahnya lumayan besar.

Wacana tersebut sebagai dampak dari refoccusing penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang hingga detik ini tak kunjung reda.

Sekretaris Dinas PUPR Pacitan, Suparlan, mengatakan, saat ini hampir disemua OPD teknis memang masih melakukan kajian-kajian. Terutama jenis kegiatan dan sumber anggaran yang hendak dipergunakan untuk kegiatan proyek fisik.

Tentu dengan wacana rasionalisasi dana perimbangan pusat dan daerah tersebut, akan banyak paket-paket pengadaan yang harus direalokasikan.

“Saat ini kita masih lakukan kajian, dengan mempertimbangkan arahan dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19. Sebab jangan sampai, kegiatan nanti gagal ditengah jalan,” ujar Suparlan, melalui ponselnya, Rabu (8/4).

Dia berpendapat, kegiatan proyek fisik akan tetap dilaksanakan, sekalipun dengan jumlah paket dan pagu anggaran yang mengalami banyak penurunan.

“Kegiatan proyek fisik nantinya, diharapkan akan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk mendongkrak daya beli mereka. Selain juga, fisik bangunan yang sangat dibutuhkan sebagai penunjang ekonomi masyarakat luas,” harapnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan