Sedikitnya 691 Pendatang Masuk ke Kebonagung, Pendataan Dalam Kondisi Sehat

oleh -13218 views
Ilustrasi Corona

Pacitanku.com, PACITAN – Informasi mencengangkan datang dari Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Pasalnya, sejak adanya penetapan status siaga coronavirus disease 2019 (COVID-19) oleh satuan gugus tugas percepatan penanganan covid-19, Pemkab Pacitan, belum lama ini, sedikitnya sudah ada 691 pendatang yang masuk ke kecamatan tersebut.

Kedatangan pemudik itu tersebar di 19 desa. Yang cukup miris, para pendatang itu berasal dari daerah-daerah yang ditetapkan sebagai zona merah virus SARS-CoV-2, misalnya, Surabaya dan Solo.

Selain itu juga ada yang dari Malaysia, Singapura, Taiwan, Balik Papan, Banten, Batam, Bali, Batu Malang, Bekasi, Bogor, Boyolali, Tangerang, Cikarang, Grobogan, Jakarta, Jambi, Jember, Jepara, Gunung Kidul, Yogyakarta, Jombang, Kalimantan, Karawang, Kediri, Kepulauan Riau, Klaten, Madiun, Madura, Magelang, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Palangkaraya, Palembang, Pasuruan, Pekan Baru, Ponorogo, Pontianak, Purbalingga, Probolinggo, Samarinda, Semarang,  Tanjung Pinang dan Sidoharjo.

Mereka datang ke kampung halaman, lantaran adanya wabah COVID-19.

Namun hingga berita ini ditulis belum didapat konfirmasi pasti terkait banyaknya warga Pacitan di perantauan yang mudik massal seiring pandemi virus SARS-CoV-2 tersebut.

Data yang didapat media, mayoritas mereka dinyatakan sehat. Namun seiring munculnya kategori baru, orang tanpa gejala (OTG), sudah seharusnya satuan gugus tugas melaksanakan pemantauan lebih intensif lagi. Terlebih selama ini, mereka konon tidak pernah menjalani test apapun terkait COVID-19.

Saat dikonfirmasi, juru bicara satuan tugas percepatan penanganan covid-19, Rachmad Dwiyanto, belum bisa tersambung. Ponsel yang bersangkutan tidak aktif. Terakhir Rachmad menyampaikan ke media, tengah mengikuti video conference (vicon) dengan Sekkab Pacitan Heru Wiwoho Supadi Putro dan Bupati Pacitan Indartato.

Perlu diketahui, data tersebut menunjukkan bahwa penanganan COVID-19 di Pacitan, masih banyak kedodoran. Screening terhadap pemudik rupanya masih banyak yang kecolongan.

Beruntung pihak desa di Kecamatan Kebonagung, membangun Informasi berbasiskan IT, guna melakukan pendataan para pemudik.

Bahkan data tersebut bisa diakses semua user gagdet berbasis android. Dengan mengklik https://docs.google.com/spreadsheets/d/1ekV5bSbwwCsGL2ivntMOA6WnrtDV4rLggrLiYUX6QSQ/edit?usp=drivesdk.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan