Banyak Pelanggaran di Traffic Light Gerdon, Dishub Koordinasi dengan Forum Lantas

oleh -13362 views
Pelanggar lampu lalu-lintas di perempatan Gerdon, Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelanggar lampu lalu-lintas di perempatan Gerdon, Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, terbilang masih sangat tinggi.

Banyak pengendara yang tidak menghiraukan isyarat lampu. Meski tengah menyala merah, namun tak sedikit pengendara yang labas (langsung bablas) tanpa menghiraukan keselamatan pengendara lainnya.

Menyiakapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan, Wasy Prajitno, akan segera menyampaikan masalah tersebut ke forum lalu-lintas.

“Terimakasih masukannya, masalah ini akan kami bahas dengan forum lalu-lintas,” ujarnya, Kamis (20/2/2020.

Terkait masukan masyarakat agar traffic light dimatikan dan hanya dinyalakan warning light saja, Wasy menegaskan, masih akan dibicarakan dengan pihak kepolisian, khususnya forum lalu-lintas.

“Dishub selalu berkoordinasi dengan forum lalu-lintas. Dari komitmen itulah sampai kami mendapatkan penghargaan Indonesian Route Safety Word (Inri) bidang keselamatan jalan, tiga tahun berturut-turut,” jelasnya.

Sementara itu, Kasie Rekayasa Lalu-lintas Angkutan Orang dan Barang, Dishub Pacitan, Agus Winarno menambahkan, ada lima pilar dalam penilaian Inri  seperti ditegaskan  di dalam Inpres 4/13, tentang Dekade Aksi Keselamatan Jalan. Dimana, Kabupaten Pacitan berhasil meraih empat pilar.

“Lima pilar itu meliputi, management keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan paska kecelakaan. Tahun 2019 kita meraih juara umum nasional untuk pilar kesatu sampai ke empat,” ungkapnya secara terpisah.

Sebelumnya, yakni pada tahun 2018, Dishub Pacitan juga berhasil meraih juara umum nasional, namun hanya untuk pilar jalan yang berkeselamatan dan kendaraan yang berkeselamatan.

“Dan Tahun 2017 kita juga meraih kejuaraan namun hanya satu pilar, yakni management keselamatan jalan,” tutur Agus.

Pada beberapa tahap penilaian, tim juri kesemuanya berasal dari kementrian. Diantaranya Bappenas, Kementrian PUPR, Kementrian Perhubungan, Polri bagian Korlantas, pengamat transportasi dan Kementrian Kesehatan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan