Survei LSI Network Jatim: Indrata Nur Bayuaji Unggul di Internal Partai Demokrat

oleh -0 Dilihat
PEMAPARAN SURVEI. LSI Network Jatim memaparkan hasil survey bakal calon bupati dan wakil bupati Pacitan dalam Pilbup 2020 pada Senin (10/2/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Jatim memaparkan hasil survey bakal calon bupati dan wakil bupati Pacitan dalam Pilbup 2020 pada Senin (10/2/2020) di hotel Prasasti, Pacitan.

Dalam hasil survei tersebut, bakal calon bupati (Bacabup) Indrata Nur Bayuaji diklaim paling unggul dalam pusaran survei internal Partai Demokrat.

Pernyataan itu disampaikan Imam Fauzi, Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Jatim, saat menggelar konferensi pers hasil temuan dan analisis survei pilkada Kabupaten Pacitan.

Dari hasil survei tersebut disebutkan Indrata Nur Bayuaji berada di posisi pertama dengan prosentase 17,7%, kemudian disusul Yudi Sumbogo dengan prosentase 5,9%. Di tempat ketiga muncul nama Ronny Wahyono dengan perolehan 5,5%.

Di posisi selanjutnya ada nama Luki Tribaskorowati dengan prosentase 1,4% dan di posisi kelima ada Sudijono Sastroatmodjo dengan perolehan hasil survei 1,1%.

Imam Fauzi mengatakan dari hasil tersebut swing voter masih mencapai 68,4%.

Menurut Imam, ada beberapa hal yang memengaruhi keponakan Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini unggul disetiap tahapan survei.

Yang pertama, Indrata Nur Bayu Aji memiliki tingkat kesukaan paling tinggi. Selain itu, ia juga punya atribut atau alat peraga sosialisasi paling banyak.

Aji-begitu Indrata Nur Bayu Aji-karib disapa, paling banyak mendatangi dan memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Indrata dinilai oleh masyarakat sebagai calon bupati yang paling Demokrat,” timpal Fadhli Fakhri Fauzan, peneliti LSI lainnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, selama ini Pacitan menjadi sebuah ketertarikan tersendiri bagi lembaga survei. Sebab selama ini, Pacitan sangat identik dengan Partai Demokrat. Hal itu terbukti, disepanjang pelaksanaan pemilu pasca reformasi, perolehan kursi Demokrat di DPRD Pacitan paling banyak.

“Pacitan adalah Demokrat, Demokrat adalah Pacitan. Itu yang manjadi dasar kami melakukan penelitian. Sebab, Pacitan jadi satu-satunya basis Demokrat,” bebernya lagi.

Dari alasan itulah, LSI melakukan kajian ilmiah dan survei dengan metode sampling multistage random sampling. Dengan responden awal 440 responden. Kemudian wawancara tatap muka kuesioner dan margin error 4,8%.

“Setiap tahapan diacak dengan menggunakan rumus statistika. Dan hasilnya, Indrata Nur Bayu Aji memang paling unggul di internal Demokrat. Hal ini didasarkan pada kajian ilmiah dan sangat kredibilitas. Kami bisa dipertanggungjawabkan dari sisi etis dan akademis.  Terbukti dari hasil quick count, kita hanya selisih 0,00 persen. Terbukti di pilkada 2010  di Sumbawa,” jelasnya.

Namun begitu, karena survei ini dilaksanakan pada interval waktu 12-20 Januari 2020, dinamika sangat dominan terjadi.

“Swing voter memang masih lebih mendominasi. Sebab data yang ada masih menunjukkan angka dikisaran 70 persen lebih,”pungkasnya.

Berikut data hasil survei elektabilitas Bacabup Pacitan internal Partai Demokrat versi LSI Network Jatim

  1. Indrata Nur Bayuaji (17,7%)
  2. Yudi Sumbogo (5,9%)
  3. Ronny Wahyono (5,5 %)
  4. Luki Tribaskorowati (1,4%)
  5. Sudijono Sastroatmodjo (1,1%)

Jumlah sampel: 440 responden
Margin of error: 4,8%

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.