KPU Pacitan: Belum Ada Paslon Bupati Independen yang Unggah Syarat Dukungan

oleh -13507 views
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan, Agus Susanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Hingga minggu kedua bulan Januari 2020 ini, pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan dari jalur independen, belum mengunggah satupun syarat dukungan ke sistem informasi pencalonan (Silon).

Menurut keterangan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan, Agus Susanto, mengatakan, sejak pengambilan user name dan password Silon pada  16 Desember tahun lalu, memang belum ada unggahan syarat dukungan ke Silon.

“Hingga hari ini (Rabu-red) pukul 09.00 WIB memang belum ada unggahan syarat dukungan calon perseorangan ke Silon. KPU hanya bisa defensif dan tak boleh reaktif terkait persoalan tersebut. Akan tetapi setiap hari kita selalu membuka harddesk untuk melayani mereka. Setiap waktu selalu kita berikan pelayanan,” ujarnya, Rabu (15/1/2020).

Lebih lanjut, Agus mengatakan sebagaimana tahapannya, penyerahan dukungan dimulai sejak tanggal 19-23 Februari mendatang.

Karena itu masih ada ketercukupan waktu bagi pasangan calon dan tim suksesnya untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Terutama ambang batas minimal dukungan sebanyak 40.041 yang dibuktikan dengan salinan KTP elektronik.

“Saat penyerahan nantinya, selain hard copy, kita juga perlu soft copy yang telah diunggah ke Silon,”tandasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2019 lalu sempat ada perwakilan penghubung yang mengatasnamakan “Panji-Panji Hati” dari pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan yang mendatangi KPU guna meminta petunjuk terkait syarat pencalonan.

Diperoleh informasi mereka mewakili calon atas nama Asto Sujarwo dan Kasmin atau disingkat Aska. Bahkan mereka mengklaim siap mengumpulkan sebanyak 100 ribu dukungan pada Januari 2020 ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan