PLN Luncurkan Rumah Kreatif BUMN di Pacitan

oleh -131.204 views
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Jawa Timur meluncurkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Kabupaten Pacitan pada Senin (21/10/2019). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Jawa Timur meluncurkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Kabupaten Pacitan pada Senin (21/10/2019) di kantor PLN ULP Pacitan, Jalan A Yani nomor 94 Pacitan.

Untuk diketahui, selain di Pacitan, PLN Jatim juga memiliki dua RKB lain, yakni RKB Sumenep dan RKB Blitar.

Senior Manager General Affair Unit Induk Distribusi PLN Jatim, Ar-Rasyid Naja dalam sambutannya mengatakan realisasi pembangunan RKB tersebut merupakan wujud dukungan program BUMN hadir untuk negeri. Dimana, kata dia, salah satu output adalah meningkatkan perekonomian nasional.

“Peran UMKM dalam perekonomian bangsa sangat besar, lebih dari 57 juta UMKM ada di seluruh negeri, dan UMKM-lah yang juga turut berperan dalam penyerapan tenaga kerja maupun pertumbuhan ekonomi kita saat ini,”katanya.

Menurutnya, RKB Pacitan dibangun untuk menjadi wadah UMKM setempat dalam pembinaan dan pelatihan produk.

“Kami BUMN bersinergi dengan BUMN lain hadir guna membantu memfasilitasi UMKM dalam mengembangkan dan menumbuhkan ekonomi kita, sebagai mana kita ketahui lebih dari 57 juta UMKM tersebar diseluruh negeri dan 20 ribuan diantaranya berada di Kabupaten Pacitan,”jelasnya.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya mengatakan jumlah UMKM di Kabupaten Pacitan yang berjumlah 20 ribuan lebih membuktikan kalau masyarakat Pacitan sangat geliat dalam menumbuhkan perekonomiannya.

“Adanya PLN peduli melalui RKB ini kami harapkan dapat berguna bagi masyarakat Kabupaten Pacitan,”tandasnya.

Berdasarkan data Diskoperindag 2019, menyebutkan bahwa jumlah UMKM di Kabupaten Pacitan berjumlah 23 ribu lebih meliputi berbagai produk baik makanan, minuman, tekstil dan barang lainnya.

“Saat ini dengan 14 persen penduduk Pacitan masih dalam kategori miskin, pemerintah bersama-sama dengan pihak lain, salah satunya BUMN bergotong-royong agar tingkat penduduk miskin tersebut dapat turun dan perekonomian Pacitan dapat meningkat,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan