Pengelola Pantai Pidakan Siagakan Tim Rescue untuk Jaga Keselamatan Wisatawan

oleh -1.546 views
RESCUE. Manajemen Pantai Pidakan yang terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan menyiagakan tim rescue yang diperuntukkan untuk membantu menjaga keselamatan wisatawan. (Foto: Dok Pantai Pidakan)

Pacitanku.com, TULAKAN – Manajemen Pantai Pidakan yang terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan menyiagakan tim rescue yang diperuntukkan untuk membantu menjaga keselamatan wisatawan saat berkunjung ke Pantai tersebut.

Salah satu pengelola Pantai Pidakan, Slamet, saat dihubungi Pacitanku.com pada Selasa (27/8/2019)  membenarkan pihaknya tengah menyiapkan tim rescue Pidakan dengan total anggota sebanyak 25 orang.

“Tim Rescue Pidakan tersebut ada 25 orang mas yang terdiri dari 15 pemuda karang taruna dan 10 orang dari tim manajemen Pidakan, jadi untuk wilayah Pantai Pidakan atau di Pacitan secara umum, kami siap jika dibutuhkan, kalau dimungkinkan kami dipanggil tim tersebut siap meluncur,”katanya.

Lebih lanjut, Slamet mengatakan pembentukan tim rescue ini masih dalam proses belajar, dan berharap penggiat wisata lain bisa melakukan langkah yang sama, yakni membentuk tim rescue.

“Kami belajar untuk membentuk tim rescue ini, kalau bisa kami punya tim yang dihandel di manajemen Pidkan, tentunya ini bergerak secara sosial,  mudah-mudahan bisa dikloning dengan teman-teman penggiat wisata,”tandasnya.

Untuk mengasah kemampuan para lifeguard tersebut, Slamet mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan melakukan pelatihan tim rescue Pidakan tersebut pada Minggu (25/8/2019).

“Itu inisiatif kami di manajamen Pidakan, kalau terjadi laka laut kan harus punya Standart Operasional Procedure (SOP) untuk penangananya, kami mengundang TRC BPBD supaya melatih kami untuk membentuk tim rescue pidakan,”ujarnya lagi.

Dalam pelatihan tersebut, kata Slamet, para peserta yang dilatih mendapatkan berbagai teknik pelatihan keselamatan. “Diantaranya seperti teknik menolong satu menolong korban yang satu orang, kecelakaan satu orang yang menolong satu orang, kecelakaan satu orang yang menolong dua orang, ada yang kecelakaan wanita yang menolong juga wanita,”jelas Slamet.

Nantinya, imbuh dia, Tim Rescue Pidakan tersebut akan melakukan aktivitas penjagaan pantai setiap hari di kawasan pantai tersebut. “Mereka bertugas di Pidakan, setiap hari satu orang untuk hari biasa, kalau pas hari khusus, misalnya ada event di Pidakan, semuanya bertugas,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Pantai Pidakan dengan ciri khas kerikil batu ini merupakan salah satu pantai dengan pengelolaan yang baik. Melalui BUMDES “Makmur” sejauh ini pantai dengan pengelolaan manajemen yang cukup rapi yang melibatkan masyarakat desa setempat.

Pewarta: Dwi Purnawan