Jadi Dewan di Usia Muda, Bagus Ingin Majukan Kepemudaan dan Olahraga di Pacitan

oleh -1.082 views
MILENIAL DEWAN. Anggota DPRD Pacitan terpilih, Bagus Surya Pratikna (berjas hitam) usai dilantik pada Jumat (23/8/2019). (Foto: Dok Pribadi Bagus Surya Pratikna)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Bagus Surya Pratikna resmi dilantik menjadi wakil rakyat Pacitan untuk periode 2019-2024. Bagus dilantik bersama 44 anggota DPRD Pacitan yang lainnya pada Jumat (23/8/2019) kemarin di ruang paripurna Gedung DPRD Pacitan, Jalan Ahmad Yani nomor 22 Pacitan.

Saat dihubungi Pacitanku.com melalui sambungan telepon di Pacitan, Sabtu (24/8/2019), Bagus yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini ingin memajukan dan memperjuangkan dari sisi kepemudaan dan keolahragaan di Pacitan.

“Saya itu kemarin diangkat ketua KNPI Kabupaten Pacitan tahun 2019, dan banyak sekali lagi masukan-masukan terkait kepemudaan yang ada di Pacitan. Sehingga kedepan salah satunya memperjuangkan perda terkait kepemudaan,”katanya.

Selain itu, Bagus mengatakan hal lain yang bisa dilakukan kedepan terkait program kepemudaan adalah mengkoordinasikan antar pemuda di Pacitan. “Banyak sekali pemuda yang potensial di Pacitan tapi kurang sentuhan dari pemerintah, sentuhan untuk, diantaranya menjadi pemuda kreatif, sehingga bisa memberikan warna yang lain untuk Pacitan,”ungkap dia.

Baca juga: Awal September Diharapkan Sudah Ada Pimpinan DPRD Pacitan Definitif

Selain dari sisi kepemudaan, Bagus ingin memajukan olahraga di Pacitan, terutama adalah olahraga voli dan sepakbola.

“Yang sebenarnya, salah satu keunggulan di Pacitan itu voli, kedepan pemerintah perlu lebih mengintesifkan turnamen voli, membikin turnamen voli dari tingkat SD, SMP, SMA, sehingga bisa menjadi sarana pembibitan atlet, selain itu cabang olah raga Sepakbola, Perspa Pacitan kedepan perlu lebih banyak dikembangkan dengan memperbanyak turnamen,”jelas Bagus.

Secara khusus, Bagus juga berkeinginan untuk lebih menggaungkan agenda napak tilas perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang selama ini sudah menjadi agenda rutin dari KNPI Pacitan.

“Setiap event napak tilas, berharap gaungnya bisa sampai ke daerah lain. Soalnya napak tilas ini event besar, nanti mungkin bisa estafet dari timur, Ngadirojo, Sudimoro, Bandar, Tegalombo dan seluruh kecamatan,”ujar dia,

Tak hanya itu, Bagus mengatakan dirinya juga berencana untuk mengadakan festival Pancasila sebagai bentuk program untuk menggelorakan semangat mencintai Pancasila.

“Beberapa waktu lalu juga sudah berkomunikasi dengan Kodim 0801/Pacitan untuk menyukseskan rencana ini, nanti bisa dalam bentuk perlombaan tingkat desa atau bentuk lainnya, intinya ingin menggelorakan semangat Pancasila yang akhir-akhir ini mulai luntur,”ungkapnya.

Bagus sendiri juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Pacitan yang telah mempercayakan amanah sebagai anggota DPRD tersebut kepada dirinya.

“Yang jelas terimakasih kepada masyarakat yang sudah mendukung kami semua, hari ini waktunya warga masyarakat menilai, apakah yang dipilih itu memang layak dipilih. Warga masyarakat itu akan menilai selama lima tahun, dan ini waktunya kami menepati apa yang dijanjikan waktu kampanye,”pungkasnya.

Untuk diketahui, di usia yang cukup muda, yakni 29 tahun, Bagus menjadi legislator dari daerah Pemilihan (Dapil) 3, Nawangan dan Bandar.

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini meraih suara cukup signifikan, yakni 4.534 suara saat Pemilihan Legislatif (Pileg) Rabu (17/4/2019) lalu. Yang cukup unik, Bagus terpilih menjadi anggota DPRD Pacitan bersama ayahnya, Sutikno di Dapil dan Parpol yang sama.

Selain Bagus dan Sutikno yang merupakan ayahnya, ada lima legislator terpilih dari Dapil 3 Pacitan, yakni Lancur Susanto dari Partai Golkar, Heriyanto (PDIP), Suprihati Winarcahyani (Partai Demokrat), Ridwan Purnomo Aji (PKB) dan Tri Santoso (Golkar).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, sebanyak 45 anggota DPRD Pacitan resmi dilantik pada Jumat (23/8/2019) di ruang paripurna DPRD Pacitan Jalan Ahmad Yani nomor 22 Pacitan. Ke-45 anggota DPRD Pacitan yang terbagi di enam Dapil tersebut merupakan hasil dari Pileg pada Rabu (17/4/2019) lalu.

Secara berurutan, ada sembilan partai politik di Pacitan yang meraih 45 kursi DPRD Kabupaten Pacitan, yakni Partai Demokrat (14), Partai Golkar (9), PDIP (6), PKB (5), Hanura (3), PKS (2), Gerindra (2), Nasdem (2) dan PPP (2).

Pewarta: Dwi Purnawan