Pengurus PMI Pacitan Resmi Dilantik, Diminta Terus Tegaskan Peran Sebagai Organisasi Kemanusiaan

oleh -131.930 views
Imam Utomo saat membacakan SK pelantikan PMI Pacitan pada Kamis (2/5/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tmur yang juga Gubernur Jawa Timur periode 1998-2003 Imam Utomo resmi melantik pengurus PMI Kabupaten Pacitan masa bakti 2019-2024 pada Kamis (2/5/2019).

Roda kepengurusan PMI Pacitan kali ini kembali dipimpin oleh Suko Wiyono yang juga Sekretaris Daerah Pacitan.

Imam Utomo dalam sambutannya mengatakan pentingnya harus terus koordinasi dan kerjasama lintas sektoral bagi PMI. Salah satunya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Caranya dengan giat melaksanakan sosialisasi terkait pencegahan dan pengurangan resiko bencana alam, khususnya di Kabupaten Pacitan.

Disisi lain, Imam kembali menegaskan peran PMI sebagai organisasi berbasis kemanusiaan. Sehingga ketika bencana alam datang melanda, dalam waktu 1×24 jam mereka harus dapat mendirikan posko dilokasi terdampak.

“Karena pasti ada warga yang membutuhkan pertolongan. PMI juga punya relawan untuk diperbantukan kepada masyarakat,” katanya seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Bupati Indartato yang hadir pada pelantikan itu mengaktualkan kembali peran PMI. Khususnya saat Pacitan dilanda bencana alam hebat dipenghujung 2017 lalu.

Bersama pemkab, mereka bahu membahu berupaya meringankan beban penderitaan masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut.

Ketua PMI Pacitan terpilih Suko Wiyono mengingatkan kepada para anggotanya, bahwa tugas organisasi dalam membantu pemerintah tidak menjadi lebih mudah ditahun-tahun mendatang. Ada banyak hal harus dilakukan sebagai bagian tugas utama.

Diantaranya penanggulangan bencana alam, pencarian dan pertolongan, pemberian bantuan, pembinaan relawan, dan lain sebagainya.

“Kita perlu dukungan lintas sektoral. Seperti BPBD, Dinas Sosial, maupun Dinas Kesehatan. Juga dukungan dari PMI dikecamatan-kecamatan. Agar program kerja dapat berjalan maksimal,” tandasnya. (Humas Pemkab)