BI Sosialisasi Program Bantuan Non Tunai di Pacitan

oleh -0 Dilihat
BI menggelar sosialisasi bersama program bantuan sosial yang telah disalurkan secara non tunai kepada masyarakat Indonesia yang menjadi KPM di gedung Karya Pacitan pada Jumat (4/1/2019). (Foto: Elsi Budi Cahyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Bank Indonesia menggelar sosialisasi bersama program bantuan sosial yang telah disalurkan secara non tunai kepada masyarakat Indonesia yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di gedung Karya Pacitan pada Jumat (4/1/2019).

Program ini atas kerja sama BI, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  (Kemenko PMK), Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud ), Kementerian Sosial (Kemensos ), Kementrian Agama (Kemenag ), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT).

Selain itu, program ini juga bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Himpunan Bank Negara (HIMBARA) dan Pemkab Pacitan.

“Kami amat bersyukur karena hari ini adalah bentuk konkrit dari sinergi antara Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan untuk mendukung kelancaran program pemerintah, melalui penyelenggaraan kegiatan sosialisasi bersama khususnya mengenai program bantuan sosial yang telah mengalami transformasi sehingga telah disalurkan secara non tunai kepada masyarakat Indonesia yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Deputi Direktur Bank Indonesia Kediri  Djoko Raharjo.

Ia menambahkan, sosialisasi ini untuk mendukung kelancaran penyaluran bansos non tunai tersebut sejalan dengan gerakan Nasional Non Tunai (GNNT ) yang telah dicanangkan oleh Presiden RI melalui Perpres nomor 63 tahun 2017 tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai.

Selain itu, dia mengatakan BI juga merangkul para UMKM dengan memberikan edukasi kebanksentralan dan memberikan workshop marketing sistem digital.

“Karena era sekarang ini para pembisnis sukses kebanyakan marketnya melalui digital seperti halnya di media sosial. Untuk itu kami memberikan workshop cara mareketing melalui era digital agar para pelaku UMKM Pacitan lebih maju dan bisa memasarkan hasil produk lokal bisa menembus pasar luar negeri nantinya,” ujar dia.

Usai mengelar Sosialisasi program bantuan non tunai, BI juga mengelar kebudayaan lokal berupa wayang kulit semalam suntuk di gedung Gasibu Swadaya Pacitan.

Pewarta/Foto: Elsi Budi Cahyono